PERAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @GREENPEACEID SEBAGAI MEDIA KAMPANYE DALAM MENJAGA LINGKUNGAN

Authors

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.32

Keywords:

Greenpeace , Kampanye, Lingkungan, Media Sosial

Abstract

Keberlangsungan hidup manusia bergantung pada lingkungan. Namun, kurangnya kesadaran manusia dalam menjaga lingkungan, menyebabkan banyak kerusakan terjadi. Untuk menumbuhkan kesadaran manusia, Greenpeace menggunakan instagram dalam memberikan informasi serta himbauan kepada manusia agar melestarikan lingkungan.  Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran instagram sebagai media kampanye dengan mengkaji konten akun @greenpeaceid dan respon yang terjadi didalamnya. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang pelaksanaannya dilakukan dengan cara memantau dan menganalisis secara menyeluruh terhadap akun @greenpeaceid. Hasil dari penelitian ini adalah media sosial instagram @greenpeaceid sebagai media kampanye dalam menjaga lingkungan dinilai mempunyai peran yang penting karena mampu memberikan advokasi informasi mengenai lingkungan dan ada dampak positif yang hadir yakni dapat dilihat dari banyaknya respon positif baik dari jumlah likes maupun komentar yang baik dalam kesadaran menjaga lingkungan

References

Acuti, D., Mazzoli, V., Donvito, R., & Chan, P. (2018). An instagram content analysis for city branding in London and Florence. Journal of Global Fashion Marketing, 9(3), 185–204. https://doi.org/10.1080/20932685.2018.1463859

Adams, P. C., & Gynnild, A. (2013). Environmental messages in online media: The role of place. Environmental Communication, 7(1), 113–130. https://doi.org/10.1080/17524032.2012.754777

Anam, K., Mulasi, S., & Rohana, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Digital Dalam Proses belajar Mengajar. Journal Of Primary Education. 2(2), 2–4.

Andersson, E., & Öhman, J. (2017). Young people’s conversations about environmental and sustainability issues in social media. Environmental Education Research, 23(4), 465–485. https://doi.org/10.1080/13504622.2016.1149551

Ariel, Y., & Avidar, R. (2015). Information, Interactivity, and Social Media. Atlantic Journal of Communication, 23(1), 19–30. https://doi.org/10.1080/15456870.2015.972404

Arntsen, H., & Waldrop, A. (2018). Introduction to Special Issue: Qualitative Method/ologies in Development Studies. Forum for Development Studies, 45(2), 185–189. https://doi.org/10.1080/08039410.2018.1468408

Bulan, P. L. (2015). Pembangunan Hutan di Provinsi Riau Suatu Studi Strategi Pengendalian Greenpeacedalam Pengawasan Hutan. JOM FISIP, 2(1), 1–9.

Claretta, D., Samudra Arsy, F., Komarullah, A. R., & Hanan, B. (2022). PERAN CAMPAIGN LEWAT MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (INTO THE LIGHT DALAM MEMBANGUN PUBLIC AWARENESS). SIBATIK JOURNAL | VOLUME, 2(1). https://doi.org/10.54443/sibatik.v2i1.513

Comfort, S. E., & Hester, J. B. (2019). Three Dimensions of Social Media Messaging Success by Environmental NGOs. Environmental Communication, 13(3), 281–286. https://doi.org/10.1080/17524032.2019.1579746

Damanik, R. R., Jimmy, J., Tambotoh, C., Informasi, F. T., Informasi, S., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Analisis Penggunaan Media Sosial untuk Pencarian Informasi dan Media Komunikasi Menggunakan Model Uses and Gratification. 9(5), 1251–1261. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i5.4814

Fajar, D. (2021). PEMANFAATAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KAMPANYE DI ERA PANDEMI COVID-19 PASANGAN “ARTYS” PADA PILKADA BLORA. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, XI(1).

Haider, J. (2016). The Shaping of Environmental Information in Social Media: Affordances and Technologies of Self-control. Environmental Communication, 10(4), 473–491. https://doi.org/10.1080/17524032.2014.993416

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of Social Media. Business Horizons, 53(1), 59–68. https://doi.org/10.1016/j.bushor.2009.09.003

Karim, I. Y., & Yulianita, N. (2021). Peran Instagram @greenarationid sebagai Media Kampanye Ramah Lingkungan. Jurnal Riset Public Relations, 1(2), 120–129. https://doi.org/10.29313/jrpr.v1i2.418

Karjaya, L. P., Satris, R., & Suspiati, S. (2019). Greenpeace, Corporations and Deforestation Crimes: A Case study of Hongkong Shanghai Bank Corporation (HSBC) in Indonesia. Jurnal Hubungan Internasional, 8(2). https://doi.org/10.18196/hi.82157

Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51–66. https://r.search.yahoo.com/_ylt=AwrjbwLmv_NiIYcJ9B1XNyoA;_ylu=Y29sbwNncTEEcG9zAzEEdnRpZANEMTEyNV8xBHNlYwNzcg--/RV=2/RE=1660170343/RO=10/RU=https%3A%2F%2Fjournal.umy.ac.id%2Findex.php%2Fjkm%2Farticle%2Fview%2F2069/RK=2/RS=81QU2oK5sxo7ghZTIsrFj4EtGCI-

Lisanto, A. G., Zuhri, S., Claretta, D., & Suratnoaji, C. (2016). PERAN AKUN INSTAGRAM @dr.tirta SEBAGAI INFLUENCER DALAM EDUKASI PENCEGAHAN COVID-19 DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (ANALISIS ISI KONTEN INSTAGRAM @dr.tirta) Agustian. Linimasa : Jurnal Ilmu Komunikasi, VI(I), 1–23.

Lubis, E. E. (2012). Peran Humas Dalam Membentuk Citra Pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 12(1), 51–60.

Martha Adiputra, W., Aqilla Haya, F., Yuniar Rakhmawati, F., & Aziz, A. (2022). DILEMA SOSIAL DALAM THE SOCIAL DILEMMA (Analisis Naratif atas Absennya Wawasan Kewargaan dalam Film The Social Dilemma) Consumer Fanaticism dalam Diri Penggemar: Studi Fenomenologi pada Budaya Konsumsi ARMY atas Merchandise BTS Strengthening Data-Driven P.

Maryam, S., Prasetyo, P., & Mahdalena, V. (2021). Literasi Media Digital Pada Kampanye Greenpeace Id Di Media Sosial Instagram Dalam Merubah Perilaku Masyarakat. IKRA-ITH Humaniora, 5(1), 242–253.

Morissan. (2013). Teori Komunikasi Individu Hingga Massa. Jakarta : Kencana Prenada Media Grup.

Muchtar, K., & Herdiana, D. (2018). Peran dan Strategi HUMAS dalam Pembentukan Citra Perguruan Tinggi. ANIDA: Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, 15(2), 317–338. http://journal.uinsgd.ac.id/index.php/anida

Notoatmodjo. (2007). Pendidikan dan Promosi Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Novianto, I. (2013). PERILAKU PENGGUNAAN INTERNET DI KALANGAN MAHASISWA (Studi deskriptif tentang perilaku penggunaan internet dikalangan mahasiswa perguruan tinggi negeri (FISIP UNAIR) dengan perguruan tinggi swasta (FISIP UPN) untuk memenuhi kebutuhan informasinya). Jurnal Libri-Net., 2 No. 1(1), 1–40. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203

Nurkumala, P. (2015). PERAN GREENPEACE TERHADAP KONSERVASI GRAYWHALEDI KOREA SELATAN. JOM FISIP, 2(2), 1–12.

Priliantini, A., Krisyanti, K., & Situmeang, I. V. (2020). Pengaruh Kampanye #PantangPlastik terhadap Sikap Ramah Lingkungan (Survei pada Pengikut Instagram @GreenpeaceID)
DOI: 10.31504/komunika.v9i1.2387. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 9(1), 40. https://doi.org/10.31504/komunika.v9i1.2387

Puspita, N. A., & Samatan, N. (2022). Efektivitas Media Sosial Akun Instagram @detikcom dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi. 4(2), 112–117.

Reuter, C., Stieglitz, S., & Imran, M. (2020). Social media in conflicts and crises. Behaviour and Information Technology, 39(3), 241–251. https://doi.org/10.1080/0144929X.2019.1629025

Rizki Kapriani, D., & P Lubis, D. (2015). Efektivitas Media Sosial Untuk Gerakan Sosial Pelestarian Lingkungan. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 2(3), 160–170. https://doi.org/10.22500/sodality.v2i3.9423

Ruslan, R. (2013). Metode Penelitian Komunikasi Dan Public Relations. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Ruslan, R. (2014). Manajemen Public Relations & Media Komunikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Saputra, M. (2017). PEMBINAAN KESADARAN LINGKUNGAN MELALUI HABITUASI BERBASIS MEDIA SOSIAL GUNA MENUMBUHKAN KEBAJIKAN MORAL TERHADAP PELESTARIAN LINGKUNGAN (Vol. 2, Issue 1). http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK

Satyanandani, K. A., Meidina, V. S., & Arif, M. (2022). Strategi Komunikasi ECOTON Pada Instagram Sebagai Upaya Meningkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Pengurangan Plastik Sekali Pakai. Environmental Pollution Journal. https://ecotonjournal.id/index.php/epj

Setiyani, L., Wahidin, M., Puspita, F., & Kriswanto, P. (2023). Analisis Kepuasan Mahasiswa Stmik Rosma Dalam Pemanfaatan Akun Instagram @ Stmikrosmaofficial Menggunakan Teori Uses And Gratifications. 17, 167–174.

Shook, E., & Turner, V. K. (2016). The socio-environmental data explorer (SEDE): a social media–enhanced decision support system to explore risk perception to hazard events. Cartography and Geographic Information Science, 43(5), 427–441. https://doi.org/10.1080/15230406.2015.1131627

Sinclair, A. J., Peirson-Smith, T. J., & Boerchers, M. (2017). Environmental assessments in the Internet age: the role of e-governance and social media in creating platforms for meaningful participation. Impact Assessment and Project Appraisal, 35(2), 148–157. https://doi.org/10.1080/14615517.2016.1251697

Sugiyono, .P.D. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sukma Alam. (2020). Peran Influencer Sebagai Komunikasi Persuasif Untuk Pencegahan Covid-19. Jurnal Spektrum Komunikasi, 8(2), 136–148. https://doi.org/10.37826/spektrum.v8i2.106

Suprapto. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Pendidikan dan Ilmu-Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Buku Seru.

Surzhko-Harned, L., & Zahuranec, A. J. (2017). Framing the revolution: the role of social media in Ukraine’s Euromaidan movement. Nationalities Papers, 45(5), 758–779. https://doi.org/10.1080/00905992.2017.1289162

Virgy, M. A., Djuyandi, Y., & Darmawan, W. B. (2020). Strategi Jaringan Advokasi Transnasional Greenpeace Indonesia Terkait Isu Deforestasi Hutan Indonesia oleh Wilmar International. Journal of Political Issues, 1(2), 74–91. https://doi.org/10.33019/jpi.v1i2.9

Zakaria, F., & Wijaya, G. (2022). Perencanaan_Media_Sosial_dalam_Sosialisasi_Surat_Pemberitahuan_Tahunan_(spt)_ Tahun_2020. Jurnal Media Dan Komunikasi Indonesia, 3(1), 4. https://doi.org/10.22146/jmki.69696

Downloads

Published

2023-04-05

Issue

Section

Articles