PENGUNGKAPAN DIRI DAN PENGELOLAAN INFORMASI PRIBADI PADA PENGGUNAAN SECOND ACCOUNT INSTAGRAM MAHASISWA DI KOTA KENDARI

Authors

  • Putri Putri Universitas Halu Oleo
  • Jumrana Jumrana Universitas Halu Oleo
  • Sirajuddin Sirajuddin Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.320

Keywords:

Communication Privacy Management, Privasi, Second account, Self Disclosure

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motif self disclosure di Second account Instagram dan pengelolaan batasan privasi Second account Instagram mahasiswa di Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan teori Communication Privacy Management Sandra Petronio. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan penelitian pada media sosial Instagram dan wawancara pada pemilik akun. Oleh karena itu teknik pengumpulan data melalui observasi isi media sosial, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Informan pada penelitian ini terdiri atas sembilan orang yang terdiri dari 8 perempuan dan 1 laki-laki. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis data yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Motif mengekspresikan diri adalah motf utama dalam penggunaan second account karena motif ini memicu timbulnya motif-motif lainnya seperti berbagi informasi diri, mendapatkan kepuasan dan kesenangan, serta menginspirasi orang lain. Kekhawatiran pada resiko penolakan, pengkhianatan, dan kehilangan kontrol pada informasi diri membuat pengguna menerapkan batasan privasi di Second account. Batasan ini dilakukan dengan membuat pengaturan pribadi pada akun untuk mengendalikan informasi dan menggunakan fitur close friends, dan membuat Third account untuk menyaring pengikut ke lingkaran yang lebih kecil dalam berbgai informasi yang sangat pribadi. Ada tiga kriteria yang dijadikan acuan dalam menyebarkan informasi diri, yaitu: membatasi pengikut berdasarkan gender, mengunggah informasi diri dengan pertimbangan untuk motivasi, manfaat dan resiko, serta kontekstual.

References

Al-Kandari, A., Melkote, S. R., & Sharif, A. (2016). Needs and motives of Instagram users that predict self-disclosure use: A case study of young adults in Kuwait. Journal of Creative Communications, 11(2), 85–101. https://doi.org/10.1177/0973258616644808

Ayu, R. D. (2022). Self disclosure melalui fitur Instagram stories (Studi pada mahasiswa KPI UIN Jakarta)) [Thesis Bachelor, UIN Syarief Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/57608/1/RIZKI%20DEWI%20AYU-FDK.pdf

Ayuwuragil, K. (2018, Februari 19). Pengguna internet Indonesia capai 143 juta. CNN Indonesia.

Bahar, A. (2018, April 22). Survei: 46% remaja punya lebih dari satu akun Instagram pribadi, kebanyakan nggak ngungkap identitas asli. Apa alasannya? hai-online.com. https://hai.grid.id/read/07610011/survei-46-remaja-punya-lebih-dari-satu-akun-instagram-pribadi-kebanyakan-nggak-ngungkap-identitas-asli-apa-alasannya

Devito, J. A. (2011). Komunikasi antar manusia (A. Maulana, Ed.; 5 ed.). Karisma Publishing Group.

Halidi, R., & Pangesti, R. (2021, Agustus 1). Viral Second account diduga milik Adhisty Zara, ungkap keinginan untuk mati. CNN.Com. https://www.suara.com/entertainment/2021/08/01/105048/viral-second-

Mutmainnatun, C. N. (2022). Self Ddsclosure di media sosial Instagram pada remaja putri Dusun Selorejo Desa Temurejo Banyuwangi [Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember]. http://digilib.uinkhas.ac.id/12117/1/MUTMAINNATUN%20CHOIRUN%20NISA_D20173014.pdf

Nawangwulan, A. (2024, April 19). Catat berbagai fitur terbaru di Instagram tahun ini. Kelaswork.com. https://kelas.work/blogs/catat-berbagai-fitur-terbaru-di-instagram-tahun-ini

Permana, I. P. H., & Sutedja, I. D. M. (2021). Analisis perilaku pengguna akun kedua di media sosial Instagram. Inovasi Penelitian, 2, 1195–1203. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v1i4.838

Petronio, S. (2002). Boundaries of Privacy: Dialectics of Disclosure (1 ed.). State University of New York Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=gTCsft8zVXgC&oi=fnd&pg=PR11&ots=n4a1fiUwhH&sig=5Kt4uua-0qz7Xiu-fZ2KNygN-a0&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Rahayu, M., & Riauan, M. Ar. I. (2022). Dramaturgi dalam media sosial: pengguna second account di instagram pada kalangan mahasiswa FSI Universitas Islam Riau. Dalam Komunikasi Anak Muda dan Perubahan Sosial. https://repository.uir.ac.id/17959/1/Dramaturgi%20dalam%20Media%20Sosial.pdf

Rizky, F. F. (2022). Motif Penggunaan Second Account Instagram di kalangan mahasiswi Pendidikan IPS UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Studi Fenomenologi Alfred Schutz) [Bachelor Thesis, UIN Syarif Hidayatullah]. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/64765/1/11170150000022_Farah%20Futhihat%20Rizky%20%28PT%29.pdf

Sholihah, M. (2020). Manajemen Privasi Komunikasi Pengguna Instagram Dewasa Dalam Menggunakan Fitur Instastory [Bachelor Thesis, Universitas Muahmmadiyah]. https://eprints.ums.ac.id/86658/15/NASKAH%20PUBLIKASI%20-%20MAR%27ATUS%20SHOLIHAH%20-%20L100160156.pdf

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi sosial (12 ed., Vol. 718). Kencana.

Valiant, V. (2020). Instagram sebagai media eksistensi diri [Skripsi, Universitas Persada Indonesia]. http://repository.upi-yai.ac.id/1252/1/INSTAGRAM%20SEBAGAI%20MEDIA%20EKSISTENSI%20DIRI%20Velant.pdf

West, R., & Turner, L. (2007). Introducing communication theory: Analysis and application (3th ed.). McGraw-Hill.

Yolanda, F. (2022). Self disclosure melalui second account di Instagram [Bachelor Tesis, Universitas Islam Riau]. https://repository.uir.ac.id/17386/1/179110101.pdf

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles