KONSEP DIRI SELF-DIAGNOSE ANXIETY MAHASISWA PRODI ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS TELKOM

Authors

  • Safa Jayanti Universitas Telkom
  • Adrio Kusmareza Adim Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.322

Keywords:

Gangguan Kecemasan, Kesehatan Mental, Konsep Diri, Self-Diagnose, Self-Esteem

Abstract

Isu kesehatan mental kian meningkat semenjak masa pandemi hingga pasca pandemi Covid-19. Pada era digital seperti sekarang ini informasi tentang isu Kesehatan mental sudah banyak di antara informasi di internet. Pengguna internet di Indonesia pada maret 2023 terhitung sebanyak 95,3% digunakan oleh perguruan tinggi (Admin, 2023 :1 ; Jayani, 2021 : 1). Dalam hal ini mahasiswa sudah banyak mengakses informasi dan sadar dengan permasalahan Kesehatan mental sehingga, memicu mereka untuk melakukan self-diagnose. Disisi lain, self-diagnose berdampak buruk untuk kesehatan mental (Maskanah, 2022 :7-8). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana konsep diri self-diagnose mahasiswa prodi ilmu komunikasi, khususnya pada komponen konsep diri self-image dan self-esteem. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan data diambil melalui wawancara dan observasi langsung. Teori ini menggunakan teori konsep diri George Herbert Mead dengan menganalisis komponen citra diri dan penghargaan diri oleh Hurlock (Rezi, 2018 :85; Sobur, 2017 :440). Hasil menunjukkan konsep diri mahasiswa membuat mereka memiliki persepsi negatif terhadap diri sendiri. Self-diagnose anxiety juga mengubah perilaku mahasiswa secara signifikan. Sehingga, dapat disimpulkan konsep diri mahasiswa dalam penelitian ini self-diagnose anxiety membuat mereka memandang rendah diri mereka karena memiliki kekurangan dan merasa tidak mampu mengatasi kecemasan yang dialami hingga memicu rasa putus asa.

References

Admin, A. (2023). Survei APJII Pengguna Internet di Indonesia Tembus 215 Juta Orang. https://apjii.or.id/berita/d/survei-apjii-pengguna-internet-di-indonesia-tembus-215-juta-orang

Adnan, A. (2024). Jurusan Kuliah Dengan Prospek Pekerjaan Terbaik 2024. https://telkomuniversity.ac.id/jurusan-kuliah-dengan-prospek-pekerjaan-terbaik-2024/

Ahmed, A., & Samuel, S. (2017). Self-Diagnosis in Psychology Students. International Journal of Indian Psychology, 4(2). https://doi.org/10.25215/0402.035

Akbar, M. F. (2019). Analisis Pasien Self-Diagnosis Berdasarkan Internet pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama.

Amalia, A. (2023). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Citra Tubuh pada Remaja Di Kotakudus Yang Berprofesi Sebagai Model.

Angelina, P., Christanti, F. D., & Mulya, H. C. (2021). Gambaran Self-Esteem Remaja Perempuan Yang Merasa Imperfect Akibat Body Shaming.

Annury, U. A., Yuliana, F., Aufara Zuhra Suhadi, V., & Karlina, C. S. A. (2022). Dampak Self Diagnose Pada Kondisi Mental Health Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya. In Universitas Negeri Surabaya 2022 | (Vol. 481).

Buciminalda, X. A. (2022). Hubungan Antara Persepsi Citra Tubuh Dengan Kepercayaan Diri Pada Remaja Putri Di Pontianak.

Creswell, J. W., & David Creswell, J. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches.

Dewi, E. M. P., Sari, R., Indah, I., Regina, D. R., Muqqadimah, Muh. N., & Sam, M. M. (2022). Psikoedukasi Self Diagnose: Kenali Gangguan anda sebelum menjudge diri sendiri. In PENGABDI: Jurnal Hasil Pengabdian Masyarakat (Vol. 3, Issue 1).

Fadli, dr. R. (2022). Benarkah Remaja Indonesia Rentan Alami Gangguan Mental? https://www.halodoc.com/artikel/benarkah-remaja-indonesia-rentan-alami-gangguan-mental

Gloria. (2022). Hasil Survei I-NAMHS: Satu dari Tiga Remaja Indonesia Memiliki Masalah Kesehatan Mental.

Ibrohim, A. N. (2023). 6 Jurusan Favorit Telkom University, Mana Pilihanmu? https://edukasi.sindonews.com/read/1052691/211/6-jurusan-favorit-telkom-university-mana-pilihanmu-1679392991

Ilahi, A. D. W., Rachma, V., Janastri, W., & Karyani, U. (2021). The Level of Anxiety of Students during the Covid-19 Pandemic: Tingkat Kecemasan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19.

Jayani, D. H. (2021). Penggunaan Internet di Kalangan Siswa Sekolah Semakin Meningkat. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/05/03/tren-siswa-sekolah-menggunakan-internet-semakin-meningkat

Littlejohn, S. W., & Foss, K. A. (2009). Theories of Human Communication (9th ed.).

Lynch, H., McDonagh, C., & Hennessy, E. (2021a). Social Anxiety and Depression Stigma Among Adolescents. Journal of Affective Disorders, 281, 744–750. https://doi.org/10.1016/j.jad.2020.11.073

Lynch, H., McDonagh, C., & Hennessy, E. (2021b). Social Anxiety and Depression Stigma Among Adolescents. Journal of Affective Disorders, 281, 744–750. https://doi.org/10.1016/j.jad.2020.11.073

Maskanah, I. (2022). Fenomena Self-Diagnosis di Era Pandemi COVID-19 dan Dampaknya terhadap Kesehatan Mental The Phenomenon of Self-Diagnosis in the Era of the COVID-19 Pandemic and Its Impact on Mental Health. JoPS: Journal of Psychological Students, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.15575/jops.v1i1.17467

Nugroho, B. A., Asri, H. B. Al, & Pramesti, A. A. (2022). SURVEI KESADARAN MENTAL MAHASISWA UPN VETERAN YOGYAKARTA DI ERA DIGITAL DAN COVID-19. 10(1). http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm

Qonita, A. Z. (2023, February 12). 10 Universitas Swasta Terbaik di Indonesia 2023 Versi Webometrics. https://telkomuniversity.ac.id/10-universitas-swasta-terbaik-di-indonesia-2023-versi-webometrics/

Rezi, M. (2018). Psikologi Komunikasi: Pembelajaran Konsep dan Terapan.

Rizky Anisa, A., Aprila Ipungkarti, A., & Kayla Nur Saffanah, dan. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi serta Kemampuan dalam Berpikir Kritis yang Masih Rendah dalam Pendidikan di Indonesia. In Conference Series Journal (Vol. 01).

Rizqi, F. D. N., & Ediati, A. (2020). DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DAN KECEMASAN DALAM MENGHADAPI DUNIA KERJA PADA MAHASISWA SEMESTER AKHIR. In Jurnal Empati (Vol. 8, Issue 4).

Rokom. (2022). Kemenkes Perkuat Jaringan Layanan Kesehatan Jiwa di Seluruh Fasyankes.

Sobur, A. (2017). Psikologi Umum (Revisi).

Sugiyono, S., & Lestari, P. (2021). Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif, Kualitatif, dan Cara Mudah Menulis Artikel pada Jurnal Internasional).

Wahdi, A. E. (2022). Riset: sebanyak 2,45 juta remaja di Indonesia tergolong sebagai Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). https://theconversation.com/riset-sebanyak-2-45-juta-remaja-di-indonesia-tergolong-sebagai-orang-dengan-gangguan-jiwa-odgj-191960

Walean, C. J. S., Pali, C., & Sinolungan, J. S. V. (2021). Gambaran Tingkat Kecemasan pada Mahasiswa di Masa Pandemi COVID-19. JURNAL BIOMEDIK (JBM), 13(2), 132. https://doi.org/10.35790/jbm.13.2.2021.31765

Wamad, S. (2022). Mahasiswa Rentan Alami Stres dan Depresi, Ini Penyebabnya. Detik.Com. https://www.detik.com/jabar/berita/d-6277414/mahasiswa-rentan-alami-stres-dan-depresi-ini-penyebabnya

Wulandari, T. (2021). Peneliti Psikologi UI: Mahasiswa Rentan Kecemasan, Depresi, dan Rasa Stres. Detik.Com . https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5650448/peneliti-psikologi-ui-mahasiswa-rentan-kecemasan-depresi-dan-rasa-stres

Downloads

Published

2024-10-02