MANAJEMEN PRIVASI KOMUNIKASI PADA FENOMENA BATASAN DIRI GENERASI Z DI INSTAGRAM
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.324Keywords:
Generasi Z, Instagram, Media Sosial, Privasi, Self BoundariesAbstract
Generasi Z merupakan generasi yang memiliki interaksi paling intens dengan teknologi dan media sosial. Maka, tak sedikit Gen Z tampak kurang menjaga privasinya sehingga rentan pelanggaran privasi. Hal ini didefinisikan oleh ahli sebagai “boundary-less Generation” sehingga memunculkan istilah batasan diri (self boundaries). Self boundaries merujuk pada batasan yang ditetapkan individu untuk melindungi privasi dan ruang pribadi mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Generasi Z di Jawa Barat membentuk dan mengelola batasan pribadi mereka di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi terhadap sembilan informan utama, yaitu mahasiswa Generasi Z yang aktif di Instagram, serta satu informan ahli di bidang psikologi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam. Penelitian menemukan bahwa informan menggunakan fitur-fitur Instagram untuk menjaga privasi dan mengontrol konten yang dibagikan. Pengalaman negatif seperti komentar yang tidak menyenangkan dan penyalahgunaan foto mendorong mereka untuk membatasi interaksi dan oversharing mereka di Instagram. Informan juga menunjukkan kesadaran yang tinggi terhadap pentingnya menjaga kesehatan mental di lingkungan media sosial yang seringkali toksik. Kesimpulannya, Generasi Z menggunakan fitur Instagram untuk mengelola batasan pribadi mereka, menyesuaikan interaksi sosial digital dengan norma sosial, dan melindungi mental dari pengaruh negatif media sosial.
References
Adiputra, I. M. S., Trisnadewi, n. W., Oktaviani, n. P. W., & Munthe, s. A. (2021). Metodologi Penelitian Kesehatan.
Adilah; Suadnya, I. W., & Tenri, W. (2022). Manajemen Privasi Komunikasi Pengguna Instagram Pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mataram. 10(1), 1–52. Https://doi.org/10.21608/pshj.2022.250026
Andzani Diva & Irwansyah. (2023). Dinamika Komunikasi Digital: Tren, Tantangan, dan Prospek Masa Depan. Jurnal syntax admiration, 4(1), 1964–1976. Https://doi.org/10.46799/jsa.v4i7.671
Bahfiarti, T. (2020). Batasan Privasi Komunikasi Interpersonal Perempuan Muslim Bercadar Di Kota Makassar.
Bayu, D. J. (2020). Generasi Z Paling Mengkhawatirkan Keamanan Data Pribadi Di Internet. Https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/12/29/generasi-z-paling-mengkhawatirkan-keamanan-data-pribadi-di-internet
Futari, H. (2020). Alasan Devano Danendra Hapus Akun Instagram. Https://celebrity.okezone.com/read/2020/01/13/33/2152479/alasan-devano-danendra-hapus-akun-instagram#:~:text=devano menyebut%2c jika keputusannya menghapus,mentalnya sudah down banget sih.
Haryoko, S., Bahartiar, & Arwadi, F. (2020). Analisis Data Penelitian Kualitatif (Konsep,Teknik, & Prosedur Analisis).
Merdeka.com. (2018). Tak Pernah Tunjukkan Wajah, Tapi Cewek Ini Bisa Jadi Selebgram. Tps://www.merdeka.com/gaya/tak-pernah-tunjukkan-wajah-tapi-cewek-ini-bisa-jadi-selebgram.html
Mullany, l., & Stockwell, p. (2021). Qualitative, Quantitative And Mixed Methods Research (dörnyei). In introducing english language. Https://doi.org/10.4324/9781315707181-60
Ode, Canggi Araliya Aprianti; Juminah; Syamsi, n., & hipertensiva, r. C. (2022). Analisis Pengelolaan Batasan Privasi Di Jejaring Sosial Media (Studi Naratif Gay Di Media Sosial Facebook). Jurnal Ilmiah Psikomuda Connectedness, Volume 2.
Pramesti, C. S. L., & Dewi, D. K. (2022). Pengaruh Anonimitas Terhadap Self Disclosure Pada Generasi Z Di Twitter. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(5), 51–64. Https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/47347
Putri, N. A. (2021). Batasan Antara Kamu Dan Mereka (Personal Boundaries). Satupersen. Https://satupersen.net/blog/personal-boundaries.
Rahma, F. (2021). Privasi “ Pertemanan ” Remaja Di Media Sosial. 3(1).
Rakhmah, D. N. (2021). Gen Z Dominan, Apa Maknanya Bagi Pendidikan Kita? Https://pskp.kemdikbud.go.id/produk/artikel/detail/3133/gen-z-dominan-apa-maknanya-bagi-pendidikan-kita
Ramlan, P. G. (2022). Pentingnya “Setting Boundaries.” Https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-lahat/baca-artikel/15636/pentingnya-setting-boundaries.html
Raras, B. (2021). Personal Boundaries, Membangun Jarak Antara Diri Sendiri Dan Orang Lain. Https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/11/12/personal-boundaries-membangun-jarak-antara-diri-sendiri-dan-orang-lain
Sakitri, G. (2021). Selamat Datang Gen z , Sang Penggerak Inovasi. Forum Manajemen Prasetiya Mulya, 35(2), 1–10.
Susilawaty, F. T., Jaya, A., & Sudirman, F. A. (2023). Exploring the impact of Instagram like visibility on self-confidence. Jurnal Kajian Komunikasi, 11(2), 180–194. https://doi.org/10.24198/jkk.v11i2.47268
Tantra, A., & Pribadi, M. A. (2022). Peran Interaksi Simbolik Dalam Komunikasi Pemasaran Melalui Facebook (Studi Kasus Forum Jual Beli Game Online). Jurnal Komunikasi Kiwari, 1(4), 605–612.
Wasisto Aji, P., & Utari, P. (2022). Manajemen Privasi Generasi Z Dalam Menghadapi Komersialisasi Data Pribadi Di Media Sosial. Jurnal Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komunikasi, 24(2), 103–116. Http://dx.doi.org/10.17933/iptekkom.24.2.2022.1-3-116
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.