KREDIBILITAS SUMBER DAN PENGARUH AKUN INSTAGRAM @HERBYUSS TERHADAP TINGKAT KEPERCAYAAN FOLLOWERS DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI ATAU BERITA
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.335Keywords:
Citizen Journalism, Instagram, Kredibilitas, Tingkat KepercayaanAbstract
Penelitian ini menjelaskan bagaimana Kredibilitas Sumber Akun Instagram @herbyuss dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kepercayaan Followers Dalam Penyampaian Informasi atau Berita. Percepatan informasi yang terjadi saat ini menyebabkan tantangan besar dalam mengendalikan informasi yang diterima oleh para pengguna media di internet menjadikan semakin sulitnya para pengguna media untuk membatasi atau memilah informasi. Dampak dari percepatan arus informasi tersebut memunculkan adanya akun-akun media sosial Instagram yang menyebarkan informasi atau berita terkini, hanya saja kredibilitas dari akun tersebut masih dipertanyakan dengan bentuk fenomena Citizen Journalism. Salah satu bentuk kegiatan atau aksi Citizen Journalism terdapat pada akun Instagram @herbyuss. Penelitian ini menggunakan Teori Kredibilitas Sumber (Source Credibility Theory). Peneliti menggunakan jenis penelitian dengan metode penelitian kuantitatif. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji analisis koefisien determinasi yang memperoleh persentase nilai sebesar 50,7% menunjukkan kredibilitas akun instagram @herbyuss berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan followers. Pada Uji hipotesis T (parsial) memperoleh nilai hitung sebesar 20,227 dengan tingkat signfikansi 0,05. Nilai nilai hitung 20,227 > tabel senilai 1,9659 dan nilai signifikan yang dinyatakan 0,000 < 0,05 hal tersebut membuktikan bahwa Kredibilitas Akun Instagram @herbyuss memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Tingkat Kepercayaan Followers.
References
Ardesaputra, A. A. (2024). Penerapan Etika Jurnalistik Pada Produksi Videografi Kompas Tv Riau.Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 4(1). https://doi.org/10.47233/jkomdis.v4i1.1599
Ardiansyah., & Jailani, M. S. (2023). Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Astriani, R., & Nanda, S. E. (2022). The Effect Of Using Instagram Social Media On Followers'information Requirements In Following Accounts@ Folkative. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 1(1), 01-09. https://doi.org/10.56127/jushpen.v1i1.83
Bimantara, H., Budiraharjo, K., & Roessali, W. (2021). Analisis Distribusi Nanas Di Desa Wonorejo Trisulo Kecamatan Plosoklaten Kabupaten Kediri. Jurnal Litbang Provinsi Jawa Tengah, 19(1), 21–36. https://doi.org/10.36762/jurnaljateng.v19i1.843
Daulay, Hamdan. (2016). Jurnalistik dan kebebasan pers. PT Remaja Rosdakarya
Doney, P. M., & Cannon, J. P. (1997). An examination of the nature of trust in buyer–seller relationships. Journal of marketing, 61(2), 35-51. https://doi.org/10.1177/002224299706100203
Fadia, A. Z., & Ismail, O. A. (2023). Pengaruh Terpaan Informasi Dari Unggahan Akun Gosip@ Playitsaferbaby Terhadap Tingkat Kepercayaan Followers. Sang Pencerah: Jurnal Ilmiah Universitas Muhammadiyah Buton, 9(3), 661-670.
Flanagin, A. J., & Metzger, M. J. (2000). Perceptions of Internet information credibility. Journalism & mass communication quarterly, 77(3), 515-540. https://doi.org/10.1177/1077699000077003
Girsang, M. J., & Syahrial, H. (2021). Pengaruh Kepemimpinan dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Karyawan Pada Persahaan Umum Perumahan Nasional Regional 1 Medan Sumatera Utara. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis (JIMBI), 2(1), 9–21. https://doi.org/10.31289/jimbi.v2i1.461
Hovland, Carl I., Irving K. Janis, and Harold H., Kelley. (1953). Communication and Persuasion. CT: Yale University Press.
Lasica, J. D. (2003). Blogs and Journalism Need Each Other. Nieman Reports, 57(3), 70–74. https://niemanreports.org/issues/fall-2003/
Pebriani, D. M., Arindawati, W. A., & Nurkinan, N. (2023). Fenomena Citizen Journalism di Media Sosial pada Akun Instagram@ Infocikarang-Karawang. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 11149-11157. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.8133
Puspitasari, M., & Abidin, S. (2024). Pengaruh Kredibilitas Berita Dan Jenis Berita Pada Konten Insragram@ Batamnewsonline Terhadap Tingkat Kepercayaan Followers. Scientia Journal: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 6(2). https://doi.org/10.33884/scientiajournal.v6i2.8322
Sinaga, S., & Ibrahim, M. (2016). Pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan (Bagian Produksi Minyak Kelapa Sawit PT. Mitra Unggul Pusaka Segati Pelalawan Riau) (Doctoral dissertation, Riau University).
Syifa, M., Rahman, A., Dewi, S. P., Shafira Ningtyas, L., Samosir, F. L., Herviani, A. E., & Achmad, Z. A. (2022). Kredibilitas Informasi di Era Post-Truth Dikalahkan Kecepatan Informasi: Pengabaian Undang Undang Informasi dan Transaksi Elektronik Information Credibility in the Post-Truth Era Defeated Information Speed: Ignoring the Information and Electronic Transaction Law. Jejaring Administrasi Publik, 14(2). https://doi.org/10.20473/jap.v14i2.46677
Waruwu, M. (2023). Pendekatan penelitian pendidikan: metode penelitian kualitatif, metode penelitian kuantitatif dan metode penelitian kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896-2910. https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6187
Wicaksana, D. A., & Anggraini, R. (2023). Pengaruh Instagram @Detikcom Terhadap Pemenuhan Kebutuhan Informasi Followers. Eastasouth Journal of Positive Community Services, 1(2), 55-76. https://doi.org/10.58812/ejpcs.v1i02.60
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Sakhira Rafa Aliyah, Oki Achmad Ismail
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.