MEDIA SOSIAL YOUTUBE DALAM MENGATASI PENGEMIS DAN ANAK JALANAN
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.34Keywords:
Anak Jalanan , Media Sosial, Pengemis, YoutubeAbstract
Media sosial adalah bentuk komunikasi virtual yang memungkinkan untuk terhubung satu sama lain. Prinsip ini bermula dari kebutuhan dasar manusia untuk tetap bersatu sebagai kelompok untuk membentuk komunitas. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian dengan objek media sosial YouTube Channel Yayasan Gosyen Terang Indonesia yaitu salah satu gerakan sosial tentang pengemis dan anak jalanan. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan cara menganalisis secara menyeluruh terhadap media sosial YouTube yang dilakukan dengan menggunakan Software Netlytic. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat beberapa komentar simpati terhadap pengemis dan anak jalanan di Kota Jakarta. Dalam penyelenggaraan informasi komunikasi yang dilakukan oleh Yayasan Gosyen Terang Indonesia memiliki tujuan yang bermanfaat untuk perolehan dan tentu sepadan dengan cara perolehan penerimanya. Biasanya masyarakat lebih menyukai penjelasan yang ringkas, kuat, dan transparan
References
Brier, J., & lia dwi jayanti. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203
dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. (n.d.).
David, E., Sondakh, M., & Harilama, S. (2017). Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Acta Diurna, 6(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/index/index
Dengue, B., Di, D. B. D., & Utara, S. (2013). Artikel artikel. 10(Ii), 1–6.
Haryanto, H. C., & Kertamuda, F. E. (2016). Syukur Sebagai Sebuah Pemaknaan. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 18(2), 109. https://doi.org/10.26486/psikologi.v18i2.395
Hesti Aprilia Nindia Rini, E. I. (2014). Perbandingan Konsep Persalaman “Terima Kasih” Dalam Bahasa Indonesia Dan Bahasa Jepang. Izumi, 3(2), 85. https://doi.org/10.14710/izumi.3.2.85-92
Kosim, M. (2015). Prinsip dan Strategi Pembelajaran Mengatasi Lupa Perspektif Psikologi Pendidikan Islam. At-Tarbiyah, VI(1), 69–86.
Lauren Kurnia Tjokro. (2016). alternative movement [UNIVERSITAS KRISTEN SATYA WACANA SALATIGA]. http://repository.uksw.edu/handle/123456789/14780
Lengkana, A. S., Suherman, A., Saptani, E., & Nugraha, R. G. (2020). Dukungan Sosial Orang Tua dan Self-Esteem (Penelitian Terhadap Tim Kabupaten Sumedang di Ajang O2SN Jawa Barat). JOSSAE : Journal of Sport Science and Education, 5(1), 1. https://doi.org/10.26740/jossae.v5n1.p1-11
Marfu’ah, ikrma hasni. (2021). Fakultas dakwah dan komunikasi universitas islam negeri walisongo semarang 2021. 2019, 18.
MIFTAHUL RESKI PUTRA NASJUM. (2020). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. In Kaos GL Dergisi (Vol. 8, Issue 75). https://doi.org/10.1016/j.jnc.2020.125798%0Ahttps://doi.org/10.1016/j.smr.2020.02.002%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/810049%0Ahttp://doi.wiley.com/10.1002/anie.197505391%0Ahttp://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780857090409500205%0Ahttp:
Murdiyanto, E. (2020). Metode penelitian kualitatif.
Nadhira, E. Y., & Rohimi, P. (2020). Analisis Pesan Dakwah dalam Film Lorong Waktu. At Tabsyir, Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, Vol. 7(2), 370–396.
Oktavia, A. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Layanan Referensi Di Perpustakaan Perguruan Tinggi. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 11(2), 111–123. https://doi.org/10.37108/shaut.v11i2.223
Permasih, I., Abidin, Y. Z., & Ma’arif, A. A. (2018). Pengelolaan Media Sosial Instagram Humas Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Jurnal Ilmu Hubungan Masyarakat, 3(1), 25–46. https://jurnal.fdk.uinsgd.ac.id/index.php/reputation/article/view/584/98
Petra, U. K., Yuwono, E., Komunikasi, P. I., & Petra, U. K. (2011). KEPUASAN MASYARAKAT SURABAYA DALAM MENONTON PROGRAM VARIETY SHOW “ DAHSYAT ” DI RCTI Pendahuluan.
Puguh, K. (2017). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh Puguh Kurniawan Universitas Trunojoyo Madura. Kompetensi, 11(2), 217–225. http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533
Sa’idah, S., & Laksmiwati, H. (2017). Dukungan Sosial dan Self-Efficacy dengan Penyesuaian Diri Pada Santri Tingkat Pertama di Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(2), 116. https://doi.org/10.26740/jptt.v7n2.p116-122
Sari, G. G., Ismandianto, & Darman, R. (2021). Peran Komunitas Ketimbang Ngemis Pekanbaru Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Masyarakat Melalui Media Instagram. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 20–29. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i1.2820
Thanissaro, P. N., & Kulupana, S. (2015). Buddhist teen worldview: Some normative background for health professionals. Contemporary Buddhism, 16(1), 28–42. https://doi.org/10.1080/14639947.2015.1006801
Yandari, A. D. (2021). Training Penulisan Systematic Literature Review dengan Nvivo 12 Plus. 2(1), 60–69.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.