TANTANGAN ALGORITMA GOOGLE, PENDANAAN, DAN STRATEGI LIPUTAN (MANAJEMEN MEDIA SKALA KECIL TIMNAS.CO-GORONTALO)
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v10i1.341Keywords:
Algoritma Google, Manajemen Media, Media Olahraga, Media Skala KecilAbstract
Usaha media berskala kecil menghadapi sejumlah tantangan dalam upaya bertahan. Penelitian ini bertujuan untuk membahas manajemen media Timnas.co dengan pemberitaan tentang tim nasional sepakbola Indonesia. Urgensi penelitian adalah media ini berada di Gorontalo, yang jauh dari akses informasi atau liputan langsung tim nasional Indonesia dan juga sponsor media. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan data berupa wawancara dengan CEO Timnas.co dan satu orang penulis berita, dan arsip digital konten Timnas.co. Sebagai triangulasi data menggunakan pendapat ahli yakni akademisi di bidang komunikasi olahraga. Pengumpulan data dilakukan pada Juli – November 2023. Hasil penelitian, sebagai media berskala kecil, Timnas.co menghadapi tantangan harus berkompromi dengan berita-berita yang masuk hitungan algoritma Google. Hal ini membuat Timnas.co harus meminggirkan konten ulasan mendalam dan jurnalisme sastrawi yang menjadi ciri khas yang direncanakan hendak mereka usung. Tantangan berikutnya adalah sulitnya memperoleh pengiklan karena persepsi negatif terhadp situs berita sepakbola. Hal ini berpengaruh pada minimnya jumlah sumber daya manusia penulis berita, yang mengakibatkan pemberitaan Timnas.co masih mengandalkan mengutip dari media lain, dan dalam proses produksi berita tidak melalui tahap verifikasi informasi berlapis.
References
Benini, A., Chataigner, P., Noumri, N., Parham, N., Sweeney, J., & Tax, L. (2017). Expert Judgment: The use of expert judgment in humanitarian analysis - Theory, methods and applications. Encyclopedia of Quantitative Risk Analysis and Assessment. https://doi.org/10.1002/9780470061596.risk0525
Canavlihas, J. (2022). Artificial Intelligence and Journalism: Current Situation and Expectations in the Portuguese Sports Media. Journal.Media 2022 3(3). DOI : https://doi.org/10.3390/journalmedia3030035
Creswell, J. W., & Creswell J. D. (2022). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (6th ed.). SAGE Publisher.
Creswell, J. W., Hanson, W. E., Clark Plano, V. L., & Morales, A. (2007). Qualitative Research Designs. The Counseling Psychologist, 35(2), 236–264. https://doi.org/10.1177/0011000006287390
Drula, G. (2023). "The Impact of SEO on News Websites. Understanding Audience Traffic and Engagement". Journal of Media Research 16 (3). DOI:10.24193/jmr.47.1
Fatih, M. G. Z., & Winata, M. D. (2023). Production Management of the “Mojok Mentok” Program Mojok.co Online Media in 2022/2023. The Commercium, 8(1), 172–182.
Mutiara, F. (2022). Entrepreneurial Marketing Start-Up Media Siber Lokal Kempalancom di Jawa Timur : Strategi Menuju Sustainability? Jurnal Manajemen Pemasaran, 16(1), 16–23. https://doi.org/10.9744/pemasaran.16.1.16-23
Nurhajati, L., & Wijayanto, X. A. (2022). Inovasi Bisnis Model Industri Media Online di Indonesia. In Idealisme Jurnalis & Inovasi Model Bisnis Industri Media (pp. 255–265). Lembaga Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) LSPR. https://doi.org/10.37535/20320220117
Permana, R. S. M., & Mahameruaji, J. N. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia di Stasiun Televisi Lokal Radar Tasimalaya TV. ProTVF, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.19878
Prasetya, R. C., & Junaidi, A. (2022). Strategi Jurnalis Olahraga dalam Meningkatkan Antusiasme Masyarakat terhadap Olahraga Sepak Bola di Indonesia. Kiwari, 1(4), 620–627.
Prasetyo, Y. A. (2017). Profesional, Abal-Abal, dan Hoax. Jurnal Dewan Pers : Mendorong Profesionalisme Pers Melalui Verifikasi Perusahaan Pers, 14, 11–20.
Prastya, N. M. (2014). Geliat Surat Kabar Harian Olahraga di Indonesia. Komunikator, 6(1), 45–58.
Prastya, N. M., Puspa, F., Ramadhani, R., & Ningsih, I. N. D. K. (2022). Newsroom Management of Badminton News Media in Indonesia. Jurnal Kajian Jurnalisme, 6(1), 92–105. https://doi.org/10.24198/jkj.v6i1.38712
Rahman, K. A. (2022). Fenomena Jasa Penulis Online dan Diferensiasi Sistem Komunikasi dalam Menjalankan Website di Indonesia. Jurnal Kopis: Kajian Penelitian Dan Pemikiran Komunikasi Penyiaran Islam, 5(1), 38–45. https://doi.org/10.33367/kpi.v5i1.2310
Ri’aeni, I., & Sulistiana, W. (2018). Industri Media Massa Lokal dalam Tinjauan Manajemen Media Ideal. JIKE : Jurnal Ilmu Komunikasi Efek, 1(1). https://doi.org/10.32534/jike.v1i1.51
Rianto, P. (2020). Metode Penelitian Kualitatif. Penerbit Komunikasi UII.
Ritonga, N. D. A., & Mazdalifah. (2023). Fenomena Freelance Content Writer di Industri Media Online (Studi Kasus Prinsip Jurnalistik dan Nilai Berita Community Writer di IDN Times). CONTENT: Journal of Communication Studies, 1(1), 09–16. https://doi.org/10.32734/cjcs.v1i01.11641
Rosemarwati, T. U., & Lindawati, L. (2019). Penggunaan Media Sosial sebagai Sumber Berita oleh Jurnalis Media Daring di Indonesia. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 23(2), 101–114. https://doi.org/10.31445/jskm.2019.1744
Silvia, I., Perwirawati, E., & Simbolon, B. R. (2021). Manajemen Media Massa (I. Silvia, Ed.). Scopindo Media Pustaka.
Srimudin, A., Sari, S. R., Lukman, & Mardiana. (2023). Strategi Bisnis Media Bagi CEO Muda di Era Revolusi Informasi. Jurnal Ilmu Komunikasi : Balayudha, 3(1), 41–52.
Supriyono, A. (2023, January). Membela Kepentingan Media Daring Nasional. Buletin Etika, 10–11.
Sutrisno, P. S. (2011). Fenomena Kebangkitan Industri Pers Daerah/Media Lokal. Jurnal Dewan Pers : Profesionalisme, Sejarah, Dan Masa Depan Pers Daerah, 5, 77–89.
Widodo, Y. (2017). Musim Semi Bisnis Start Up Media. Forum Manajemen, 31(4–5), 24–31.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.