EKSISTENSI PRODUK WARDAH DALAM PEMASARAN DI MEDIA SOSIAL

Authors

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.37

Keywords:

Media sosial, Pemasaran, Produk, Wardah

Abstract

Saat ini penggunaan media sosial sudah banyak digunakan dalam berbagai macam kepentingan salah satunya adalah dalam bidang pemasaran. Media sosial dijadikan sebagai akses bagi pengguna dalam menyalurkan informasi. Dengan hadirnya media sosial akan mempermudah suatu perusahaan untuk dapat memasarkan produknya ke masyakarat. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian dengan objek media sosial Instgram dan Twitter, yaitu pada salah satu produk kosmetik kecantikan yang terkenal di mancanegara yaitu brand Wardah. Peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang pengumpulan datanya dilakukan melalui aplikasi software Netylic. Dari software Netylic inilah diperoleh data yang berupa digram dan grafikysng di dapatkan melalui sosial media Instgram dan Twitter. Hasil dari penelitian ini adalah ada beberapa faktor yang mempengaruhi pemasaran produk Wardah di media sosial yaitu kualitas produk yang baik, harga produk yang relatif murah, dan brand ambassador/figur perempuan yang cantik dan berpenampilan menarik.

 

References

Adiasti, N. (2021) ‘Penggunaan Media Sosial Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Online’, Jurnal Pendidikan Dasar Borneo (Jurdiknas Borneo), 2(2), pp. 101–110.

Anggraeni, D., Kumadji, S. and Sunarti, S. (2016) ‘PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUASAN DAN LOYALITAS PELANGGAN ( Survei pada Pelanggan Nasi Rawon di Rumah Makan Sakinah Kota Pasuruan)’, Jurnal Administrasi Bisnis S1 Universitas Brawijaya, 37(1), pp. 171–177.

Arghashi, V., Bozbay, Z. and Karami, A. (2021) ‘An Integrated Model of Social Media Brand Love: Mediators of Brand Attitude and Consumer Satisfaction’, Journal of Relationship Marketing, 20(4), pp. 319–348. Available at: https://doi.org/10.1080/15332667.2021.1933870.

Ayuniah, P. (2017) ‘Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Iklan, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah’, Jurnal IEkonomi Bisnis, 22(3), pp. 208–219.

Choi, Y., Thoeni, A. and Kroff, M.W. (2018) ‘Brand Actions on Social Media: Direct Effects on Electronic Word of Mouth (eWOM) and Moderating Effects of Brand Loyalty and Social Media Usage Intensity’, Journal of Relationship Marketing, 17(1), pp. 52–70. Available at: https://doi.org/10.1080/15332667.2018.1440140.

Choong, K. et al. (2021) ‘Reaching subculture markets: The cryptic marketing approach’, Journal of Marketing Communications, 27(2), pp. 160–175. Available at: https://doi.org/10.1080/13527266.2019.1640269.

Delanote, S., Leus, R. and Nobibon, F.T. (2013) ‘Optimization of the annual planning of targeted offers in direct marketing’, Journal of the Operational Research Society, 64(12), pp. 1770–1779. Available at: https://doi.org/10.1057/jors.2012.165.

Fernando, M.F. and Aksari, N.M.A. (2018) ‘Sanitary Ware Toto di Kota Denpasar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Pesatnya perkembangan dunia bisnis saat ini membuat persaingan semakin ketat sehingga menuntut produsen untuk lebih peka , kritis dan reaktif terhadap b’, Jurnal Manajemen Unud, 7(1), pp. 441–469.

Fidyah, N. (2017) ‘Efektivitas Iklan Produk Kosmetik Wardah melalui Media Sosial Instagram (Studi Pada follower @wardahbeauty pada media sosial instagram)’, pp. 1–119. Available at: http://eprints.upnyk.ac.id/14233/.

Helfenstein, S. (2012) ‘Increasingly emotional design for growingly pragmatic users? A report from Finland’, Behaviour and Information Technology, 31(2), pp. 185–204. Available at: https://doi.org/10.1080/01449291003793777.

II, B.A.B., Istighosah, A.T.T. and Istighosah, P. (2012) ‘Landasan Teori Promosi’, (1), pp. 13–43.

Kasmiri, K. and Setiany, D.T. (2020) ‘Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Pada Mahasiswi Universitas Suryakancana Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya’, Finansha- Journal of Sharia Financial Management, 1(1), pp. 1–12. Available at: https://doi.org/10.15575/fsfm.v1i1.9615.

Lenger, A. (2019) ‘The Rejection of Qualitative Research Methods in Economics’, Journal of Economic Issues, 53(4), pp. 946–965. Available at: https://doi.org/10.1080/00213624.2019.1657748.

Michis, A.A. (2015) ‘A wavelet smoothing method to improve conditional sales forecasting’, Journal of the Operational Research Society, 66(5), pp. 832–844. Available at: https://doi.org/10.1057/jors.2014.28.

Nabila, S.I. and Fajar, P.A. (2020) ‘Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada’, Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada, 1177.

Nurani and Briliani, W. (2020) ‘Pemasaran Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmetik Area DC Kediri’, Jurnal Benefit, 7(1), pp. 14–31.

Odillia, L. (2020) ‘Representasi Wanita Sebelum Dan Sesudah Gerakan Femvertising Dalam Iklan Perawatan Tubuh’, DESKOVI : Art and Design Journal, 3(2), p. 83. Available at: https://doi.org/10.51804/deskovi.v3i2.801.

Oktaviani (2018) ‘Pengaruh Tayangan Billboard Music terhadap Komunitas fans BTS Riau’, Uin Suska, 51(1), p. 51. Available at: http://repository.uin-suska.ac.id/15923/7/7. BAB II.pdf.

Papasolomou, I. and Melanthiou, Y. (2012) ‘Social Media: Marketing Public Relations’ New Best Friend’, Journal of Promotion Management, 18(3), pp. 319–328. Available at: https://doi.org/10.1080/10496491.2012.696458.

Pimentel, P.C., Gomes, P.M.L. and Didonet, S.R. (2021) ‘Dealing with Integrated Marketing Communications’ Paradoxes in Social Ventures’, Journal of Nonprofit and Public Sector Marketing, 0(0), pp. 1–37. Available at: https://doi.org/10.1080/10495142.2021.1954130.

Prajarto, N. (2018) ‘Netizen dan Infotainment: Studi Etnografi Virtual pada Akun Instagram @lambe_turah’, Jurnal ILMU KOMUNIKASI, 15(1), pp. 33–46. Available at: https://doi.org/10.24002/jik.v15i1.1367.

Puguh, K. (2017) ‘Pemanfaatan Media Sosial Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh Puguh Kurniawan Universitas Trunojoyo Madura’, Kompetensi, 11(2), pp. 217–225. Available at: http://journal.trunojoyo.ac.id/kompetensi/article/view/3533.

Purwati, A. and Cahyanti, M.M. (2022) ‘Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Yang Berdampak Pada Keputusan Pembelian’, IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 11(1), pp. 32–46. Available at: https://doi.org/10.46367/iqtishaduna.v11i1.526.

Santoso, J.B. (2019) ‘Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen’, Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 16(1), pp. 127–146. Available at: https://doi.org/10.36406/jam.v16i01.271.

Sazali, H. et al. (2022) ‘Mapping Hate Speech on Social Media: Religion-State Relations in Indonesia’, Communicatus: Jurnal Ilmu komunikasi, 6(2), pp. 189–208. Available at: https://doi.org/10.15575/cjik.v6i2.20431.

Siagian, A.O., Martiwi, R. and Indra, N. (2020) ‘Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital’, Jurnal Pemasaran Kompetitif, 3(3), p. 44. Available at: https://doi.org/10.32493/jpkpk.v3i3.4497.

Suryani, ita (2015) ‘Jurnal komunikasi, ISSN 1907-898X Volume 8, Nomor 2, April 2014’, Pemanfaatan Media Sosial sebagai Media Pemasaran Produk dan Potensi Indonesia dalam Upaya Mendukung ASEAN Community 2015. (Studi Social Media Marketing Pada Twitter Kemenparekraf RI dan Facebook Disparbud Provinsi Jawa Barat), 8(April 2014), pp. 123–138. Available at: https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/6471.

Taan, H. et al. (2021) ‘Social Media Marketing Untuk Meningkatkan Brand Image’, Journal of Management & Business, 4(1), pp. 315–330. Available at: https://doi.org/10.37531/sejaman.v4i1.1268.

Untari, D. and Fajariana, D.E. (2018) ‘Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial Instagram (Studi Deskriptif Pada Akun @Subur_Batik)’, Widya Cipta, 2(2), pp. 271–278. Available at: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/widyacipta

Downloads

Published

2023-04-06

Issue

Section

Articles