KEPRIBADIAN INTROVERT DALAM KEMAMPUAN BERSOSIALISASI PADA MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI

Authors

  • Gentha Nugraha Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zuhriah Zuhriah Universitas Islam Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.39

Keywords:

bersosialisasi, introvert, mahasiswa

Abstract

Mahasiswa dengan kepribadian introvert merupakan seorang yang anti sosial. Kebiasaan yang suka menyendiri dan tidak melakukan kegiatan sosial mempengaruhi ketrampilan mereka dalam bersosialisasi. Sukar dalam bergaul, kurang percaya diri, serta sulit menyampaikan gagasan dan perasaan merupakan hal yang dirasakan oleh mahasiswa introvert. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan kepribadian introvert dengan kemampuan bersosialisasi mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi yang mengharuskan memiliki ketrampilan dalam berkomunikasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan menggunakan instrumen pengumpulan data dengan teknik wawancara terhadap beberapa mahasiswa dan mahasiswi yang berkepribadian introvert dan melakukan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kepribadian introvert sangat berpengaruh besar dalam kemampuan bersosialisasi mahasiswa dan mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi Uinsu

References

Alhasbi, F., Ramli, Mik., & Ali Asfar, Mk. (2023). PENGANTAR ILMU KOMUNIKASI.

Arif, M., & Hakim, R. (2019). Strategi Pengajaran Speaking Bagi Para Pembelajar Bahasa

Inggris Berkarakteristik Introvert. Jurnal Pendidikan, 4(1), 49–58. https://doi.org/10.26740/jp.v4n1.p49--58

Atmawati. (2017). Keefektifan Pelaksanaan Praktek Kerja Lapangan Berbasis Industri pada

Kompetensi Keahlian Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Ampelgading Pemalang,

Indonesia 2). In JVCE (Vol. 2, Issue 2). http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jvce

Cahyono, H. (2019). Peran Mahasiswa Di Masyarakat. Jurnal Pengabdian Masyarakat

Setiabudhi, 1(1), 32–43.

Choirotu, Z., Adi Sancaya, S., & Arofah, L. (2017). Hubungan Kepribadian Introvert

Dengan Komunikasi Verbal Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Kademangan Blitar Tahun

Pelajaran 2016/2017. 1–8.

Hamandia, M. R. (2022). Analisis Konseptual Mengenai Kecemasan Dalam Berbicara Di

Depan Umum. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan (JKPI), 6(1), 59–70.

Hansen, S. (2020). Investigasi Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif Manajemen

Konstruksi. Jurnal Teknik Sipil, 27(3), 283–294. https://doi.org/10.5614/jts.2020.27.3.10

Hantono, D., & Pramitasari, D. (2018). Aspek Perilaku Manusia Sebagai Makhluk Individu

Dan Sosial Pada Ruang Terbuka Publik. Nature: National Academic Journal of Architecture,

(2), 85–93. https://doi.org/10.24252/nature.v5i2a1

Hesti, R., Lestari, S., & Kurniawati, D. (2021). Hubungan Antara Kepribadian Introvert

Dengan Kurangnya Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa Unira Yang Aktif Di Organisasi

Ekstra Hmi. Http://Ejurnal.Binawakya.or.Id/Index.Php/MBI ,16(3), 6527–6534

Masni, H., & Tara, F. (2021). Konstribusi Pola Asuh Orang tua Terhadap Perkembangan

Kepribadian Introvert dan Ekstrovert. Jurnal Jendela Pendidikan, 01(1), 239–249.

Meliana, D., Tanudjaja, B. B., & Kurniawan, D. (2020). Perancangan Komik Digital

Tentang Insecurity Pada Kehidupan Sosial Kepribadian Introvert Bagi Remaja Usia 15-21

Tahun.

Muji Rahayu, Y. (2017). Kemampuan Penalaran Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Masalah

Ditinjau Dari Kepribadian Introvertdan Extrovertpada Materi Kalor

Nisa, K., & Mirawati, M. (2022). Kepribadian Introvert Pada Remaja. Educativo: Jurnal

Pendidikan, 1(2), 606–613. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.79

Pamungkas, A. (2020). Syams: Jurnal Studi Keislaman Tipe Kepribadian Ektrovert-Introvert

dan Kecemasan Mahasiswa pada masa Pandemi Covid-19 Ari Pamungkas. http://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/syams

Rahmah, S. (2021). Personal Branding Ganjar Pranowo untuk Membangun Komunikasi

Politik di Media Sosial Instagram. Jurnal Interaksi : Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 94–101. https://doi.org/10.30596/interaksi.v5i1.5584

Renaganis Rosida, E., & Puji Astuti, T. (2015). Perbedaan Penerimaan Teman Sebaya

Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Ekstrovert Dan Introvert (Vol. 4, Issue 1).

Syardiansah. (2019). Peranan Kuliah Kerja Nyata Sebagai Bagian Dari Pengembangan

Kompetensi Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Samudra KKN Tahun 2017).

JIM UPB, 7(1), 57–68.

Winarso, W. (2014). Pengaruh Perbedaan Tipe Kepribadianterhadap Sikap Belajar

Matematika Siswasma Islam Al-Azhar 5 Cirebon. Jpm Iain Antasari, 2(1), 95–115

Downloads

Published

2023-04-05

Issue

Section

Articles