EFEKTIVITAS INSTAGRAM @ngajilagi.id DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MENGAJI PADA FOLLOWERS

Authors

  • Fitriana Padang Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Kamalia Kamalia Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.41

Keywords:

Efektivitas, Instagram , Motivasi

Abstract

Akun instagram @ngajilagi.id merupakan akun dakwah yang dikhususkan untuk memotivasi followersnya agar belajar mengaji. Banyak umat islam saat ini  belum fasih membaca Al-Qur’an dan belum sepenuhnya memahami tajwid serta hukum bacaan. Akun ini membantu followersnya untuk belajar Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivitasan instagram @ngajilagi.id dalam meningkatkan motivasi belajar mengaji pada followers. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualititatif dengan melakukan observasi mengamati konten-konten yang diposting oleh akun @ngajilagi.id, dan mengumpulkan data dengan melakukan wawancara mendalam dengan beberapa followers akun @ngajilagi.id, serta  dokumentasi seperti artikel, naskah ataupun dokumen yang berkaitan dengan penelitian, selanjutnya data akan dianalisis dengan cara reduksi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akun @ngajilagi.id berhasil membuat followersnya termotivasi untuk belajar mengaji dengan alasan konten-konten yang diposting dan kuis-kuis menarik yang dibuat sangat unik dan kekinian. Komunikasi yang dibangun juga baik, bahasa mudah dipahami sehingga ajaran yang disampaikan masuk dan diterima baik oleh followersnya.

References

Aisyah, S. (2018). AL-IMAN : Jurnal Keislaman dan Kemasyarakatan. Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 2(1), 134–154. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/4441

Al-Bantani, T. N. (2012). Qur’an Mushaf Al-Bantani.

Amroeni Drajat. (2017). No Title Ulumul Qur’an : Pengantar Ilmu-Ilmu Al-Qur’an. kencana.

Andi Setiawan, M., & Suci Maghfirah, I. (2021). Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(1), 33–37. https://doi.org/10.33084/bitnet.v6i1.2565

Arianti. (2018). PERANAN GURU DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Didaktika, 12(2), 117–134.

Armayani, R. R., Tambunan, L. C., Siregar, R. M., Lubis, N. R., & Azahra, A. (2021). Analisis Peran Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Penjualan Online. Jurnal Pendidikan Tembusai : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pahlawan, 5(3), 8920–8928. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2400

Astuti, W., & Nugraheni, R. (2021). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran. Jurnal Ihtimam, 4(2), 194–207. https://doi.org/10.36668/jih.v4i2.307

Azzahra, A., Fransiska, K. B., Pratiwi, S. D., & Alfarisy, F. (2022). Analisis Padanan Kata pada Fitur-Fitur Media Sosial. Deiksis, 14(3), 291. https://doi.org/10.30998/deiksis.v14i3.11647

B.Uno, H. (2006). Teori Motivasi Dan Pengukurannya. analisis dibidang pendidikan. PT. Bumi Aksara.

Basarah, F. F., & Romaria, G. (2020). Perancangan Konten Edukatif Di Media Sosial. Jurnal Abdi Masyarakat (JAM), 5(2), 22. https://doi.org/10.22441/jam.2020.v5.i2.006

Giantika, G. G. (2019). Pemanfaatan Blog Pribadi Di Instagram Sebagai Media Komunikasi Parenting (Studi Deskriptif Kualitatif Akun Instagram @annisast). Jurnal Komunikasi, 10(1), 1–9. https://doi.org/10.31294/jkom.v10i1.4707

Hendra, M. D., & Yuliardiana, F. (2021). Media sosial instagram sebagai media dakwah (analisis isi konten pada akun @kpopers.hijrah). Madania, 11(1), 40–54. http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/madania/article/view/13999

Jamil, N. A., Kurnia, A. D., & Jalaludin, J. (2020). Analisis Mekanisme Praktik Jual Beli Followers Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Media Sosial Instagram. EKSISBANK: Ekonomi Syariah Dan Bisnis Perbankan, 4(1), 82–94. https://doi.org/10.37726/ee.v4i1.101

Khairina, U. (2020). Jurnal Peurawi : Media Kajian Komunikasi Islam. Jurnal Peurawi:Media Kajian Komunikasi Islam, 3(2), 1–20.

Mahmudah, S. M., & Rahayu, M. (2020). Pengelolaan Konten Media Sosial Korporat pada Instagram Sebuah Pusat Perbelanjaan. Jurnal Komunikasi Nusantara, 2(1), 1–9. https://doi.org/10.33366/jkn.v2i1.39

Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram @ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 23. https://doi.org/10.30829/komunikologi.v4i1.7616

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95.

Pattaling. (2013). Problematika Dakwah Dan Hubungannya Dengan Unsur-Unsur Dakwah. Jurnal Farabi, 10 No. 2 D, 143–156. https://www.journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/fa/article/view/772/583

Ritonga, M. (2019). Komunikasi Dakwah Zaman Milenial. Juranal Komunikasi Islam Dan Kehumasan, 3(1), 60–77.

Rohadian, S., & Amir, M. T. (2019). Upaya Membangun Customer Engagement Melalui Media Sosial Instagram. Journal of Entrepreneurship, Management and Industry (JEMI), 2(4), 179–186. https://doi.org/10.36782/jemi.v2i4.1925

Rubawati, E. (2018). Media Baru: Tantangan dan Peluang Dakwah. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(1), 126–142. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.510

Sakdiah, H. (2017). Urgensi Interpersonal Skill Dalam Dakwah Persuasif. Jurnal Ilmu Dakwah, 35(1), 1–14. https://doi.org/10.21580/jid.v35.1.1230

Syahreza, M. F., & Tanjung, I. S. (2018). Motif Dan Pola Penggunaan Media Sosial Instagram Di Kalangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi Unimed. Jurnal Interaksi, 2(1), 61–84.

Downloads

Published

2023-04-08

Issue

Section

Articles