STRATEGI PROGRAM SIARAN ” GET IN THE MOZ ” 90,8 FM OZ RADIO JAKARTA PASCA PANDEMI COVID 19

Authors

  • Mulkan Habibi Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Ahmad Nurhidayat Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i3.45

Keywords:

Covid-19, Pasca, Penyiaran, Radio, Strategi

Abstract

Industri radio melakukan berbagai strategi penyiaran dimassa covid 19, pada awal pandemi pendengar radio mengalami peningkatan jumlah pendengar terutama di Jakarta. Peningkatan jumlah pendengar tersebut ditemui pada platform streaming atau radio melalui siaran online jumlah pendengar di beberapa stasiun radio di massa pandemi covid 19 menurut beberapa hasil penelitian tetap stabil karena kebijkan pemerintah yang mengharus orang untuk beraktifitas di rumah. Memasuki era normal atau pasca pandemi covid 19 dibutuhkan beberapa strategi agar era baru pasca covid ketertarikan pendengar radio terus meningkat. Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi program siaran OZ radio pada masa pasca pandemic covid 19. Metode penelitian kualitatif deskriptif merupakan sebuah metode yang digunakan peneliti untuk menemukan pengetahuan atau teori terhadap penelitian pada waktu tertentu. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi OZ radio menerapkan beberapa strategi penyiaran untuk mempertahan pendengarnya dimasa pasca covid 19 antara lain dengan menerapkan strategi dayparting yakni dengan melakukan pengaturan penjadwalan program siaran. counterprogramming sebagai strategi untuk mencapai pasar yang di inginkan dengan melakukan pemilihan target audiensi yang di tuju. Strategi berikutnya adalah Bridging, OZ Radio Pasca pandemi Covid- 19 menetapkan beberapa kebijakan baru yang diterapkan bagi seluruh crew dan kebijakan tersebut disusun oleh manager station

References

Ahmad, N. (2015). Radio Sebagai Sarana Media Massa Elektronik. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(2), 233–254.

Arbar, T. F. (2022). Good Bye Masker! 9 Negara Ini “Berdamai” dengan Omicron. Www.Cnbcindonesia.Com/. https://www.cnbcindonesia.com/news/20220210081320-4-314245/good-bye-masker-9-negara-ini-berdamai-dengan-omicron

Damanik, H. J., Parlina, I., Tambunan, H. S., & Irawan, E. (2017). Sistem pendukung keputusan dalam seleksi penyiar Radio BOSS FM 102.8 pematang Siantar menggunakan metode Electre. KOMIK (Konferensi Nasional Teknologi Informasi Dan Komputer), 1(1), 38–44. https://www.ejurnal.stmik-budidarma.ac.id/index.php/komik/article/view/470

Djamal, H., & Fachrudin, A. (2015). Dasar-Dasar Penyiaran. Sejarah, Organisasi, Operasional dan Regulasi. Kencana.

Ennisa, S. (2016). Strategi publikasi Star Radio Padang melalui program off air “Star Radio Padang goes to campus” [Universitas Andalas]. http://scholar.unand.ac.id/12011/

Handayani, A. (2013). Analisis strategi public relations oz radio Jakarta dalam membangun pencitraan positif terhadap klien. Binus University.

https://megashift.fisipol.ugm.ac.id/. (2022). Melirik kembali industri radio: tantangan dan peluang di era digital dan post pandemic. Megashift.Fisipol.Ugm.Ac.Id. https://megashift.fisipol.ugm.ac.id/2022/11/21/melirik-kembali-industri-radio-tantangan-dan-peluang-di-era-digital-dan-post-pandemic/

Ingratubun, A. (2021). Strategi Programming Acquisition Dalam Kelancaran Operasional Penyiaran Program Televisi. Jurnal Signal, 9(1), 25. https://doi.org/10.33603/signal.v9i1.4576

Iskar, I. W. P., Akbar, A. F., Dozan, W., & Yudiansyah, A. M. (2021). Dampak Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (Psbb) Terhadap Penghidupan Pekerja Sektor Informal Di Provinsi Dki Jakarta. Jurnal Pemerintahan Dan Keamanan Publik (JP Dan KP), 3(2), 68–79. https://doi.org/10.33701/jpkp.v3i2.1001

Kallani, Y., Larasati, W., & Firdaus, F. (2022). Perubahan Pola Produksi Penyiaran Radio RRI Pro 2 Mataram Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Audiens, 3(3), 56–66. https://doi.org/10.18196/jas.v3i3.12187

Laksono, P. (2016). Karakter ganda Penyiar Radio ( Analisis konstruksi diri penyiar Radio berkarakter ganda di Radio Istana FM Bojonegoro ). 1(02), 40–52.

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. GP Press Group.

Nasruddin, R., & Haq, I. (2020). Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan Masyarakat Berpenghasilan Rendah. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(7). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i7.15569

Prasetyo, A., Puspitasari, S., & Rizqina, N. H. (2022). Manajemen Media Penyiaran Radio Swaragama dalam Meningkatkan Kualitas Program Siaran Radio di Era Pandemi Covid- 19. Jurnal Audiens, 3(4), 159–169. https://doi.org/10.18196/jas.v3i4.14488

Pratama, O. R., & Attariq, M. (2022). Adaptasi Manajemen Siaran MQ 92,3 FM dalam Menjaga Eksistensi di Masa Pandemi. Jurnal Audiens, 3(3), 44–55. https://doi.org/10.18196/jas.v3i3.12143

Putri, A. G., & Setiawati, S. D. (2021). Loyalitas pendengaran radio di masa pandemi Covid-19 (Studi kasus Radio Dahlia 101.5 FM Bandung). Jurnal …, 2(2), 96–110. http://ejurnal.universitaskarimun.ac.id/index.php/ILKOM/article/view/338

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Widyatwati, K. (2022). Transformasi Sosial Budaya Masyarakat Pasca Pandemi Covid 19. Sebatik, 26(1), 387–395. https://doi.org/10.46984/sebatik.v26i1.1855

Downloads

Published

2023-07-10

Issue

Section

Articles