PEMAKNAAN PEREMPUAN GENERASI Z TERHADAP STANDAR KECANTIKAN PADA KAMPANYE #LiveBoldly MEREK REVLON
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v10i1.460Keywords:
Analisis Resepsi, Generasi Z, Kampanye, Live Boldly, RevlonAbstract
Kampanye #LiveBoldly Revlon dengan inklusivitas dan nilai liberalnya berusaha untuk mendobrak standar kecantikan tradisional yang ada selama ini. Penelitian ini berupaya untuk melihat bagaimana pemaknaan perempuan Generasi Z terhadap kampanye #LiveBoldly Merek Revlon beserta faktor-faktor yang mempengaruhi resepsi audiens. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pemaknaan perempuan Generasi Z mengenai Kampanye #LiveBoldly Revlon beserta faktor-faktor yang mempengaruhi pemaknaan audiens. Penelitian menggunakan metode analisis resepsi yang mengeksplorasi bagaimana audiens menerima, menegosiasikan, atau menolak pesan berdasarkan pengetahuan, kedekatan, dan media yang digunakan. Terdapat 4 (empat) narasumber perempuan dari Generasi Z dalam penelitian ini, dengan karakteristik latar belakang pendidikan dan pekerjaan yang berbeda, aktif bermedia sosial, serta terpapar kampanye #LiveBoldly. Hasil dari penelitian ini menunjukkan pemaknaan narasumber berada pada posisi dominan dan tidak terdapat narasumber dalam posisi oposisi. Hal tersebut dipengaruhi oleh latar belakang dan pengetahuan narasumber terkait nilai-nilai feminisme dan inkusivitas, penggunaan kosmetik Revlon, serta kedekatan audiens dengan media sosial Instagram. Dapat disimpulkan bahwa kampanye kecantikan yang menggunakan nilai-nilai inklusivitas seperti #LiveBoldly memiliki daya tarik bagi Generasi Z karena relevansinya dengan pengetahuan dan nilai yang mereka percaya. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan gambaran bagi merek kosmetik terkait pentingnya relevansi kampanye dengan nilai dan pengetahuan audiens sebagai salah satu cara mengembangkan merek.
References
Afifah, N. Z., & Suwarto, D. H. (2019). Encoding-Decoding Khalayak Tentang Kekerasan Verbal Dalam Video Gaming Reza ‘Arap’ Oktovian (Studi Analisis Audiens Stuart Hall). Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2). https://doi.org/10.21831/lektur.v2i2.15810
Akbar, A., Anugrah, D. P., Rosiano, R. A., & Riorini, S. V. (2022). Pengaruh Brand Attitude , Brand Quality , dan Brand Value terhadap Brand Loyalty Smartphone Samsung di Bekasi. Jurnal Pemasaran Kompetitif, 01(1), 98–106. file:///D:/Users/user/Downloads/openjurnal2,+9.+Adjie+Akbar+(Okt+2022).pdf
Batistuta, S., Nugroho, W. B., & Aditya, I. K. (2022). Pemetaan Audiens Film Gie (2005) dalam Konsep Resepsi Stuart Hall. Jurnal Ilmiah Sosiologi SOROT, 2(1), 1–10. https://ojs.unud.ac.id/index.php/sorot/article/view/88998
Candini, M. S. W., & Anshori, M. (2022). Analisis Resepsi Audiens Perempuan @MadForMakeup.co terhadap Kampanye Femvertising #RebelTogether di Instagram. Jurnal Komunikasi Massa, 1. https://www.jurnalkommas.com/docs/Jurnal D0218054.pdf
Chinta, S., Ghassani, A., & Lidwina, M. (2023). Dampak Standar Kecantikan Bagi Perempuan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional, 1440–1448. https://proceeding.unesa.ac.id/index.php/sniis/article/view/920
Dwijayanti, R. I., Olifia, S., & Wisahra, A. (2022). Resepsi Khalayak Terhadap Kampanye Diet Kantong Plastik Pada Instagram @IDDKP. Jurnal Ilmu Komunikasi, 27(3), 311–320. https://doi.org/https://doi.org/10.37817/ikon.v27i3.2624
Fitriya, S. G. (2023). Resepsi Remaja Perempuan Surabaya terhadap Standar Kecantikan dalam Iklan Citra “Ragam Cantik Indonesia.” Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur.
Ghassani, A. (2019). Pemaknaan Rasisme dalam Film (Analisis Resepsi Film Get Out)E. Jurnal Manajemen Maranatha, 18(2012), 127–134. https://doi.org/https://doi.org/10.28932/jmm.v18i2.1619
Kanda, A. S., & Oktaviani, A. (2023). Dampak Media Sosial Terhadap Rasa Percaya Diri Terkait Citra Tubuh Generasi Z Dikota Cimahi. Analoka Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 81–96. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26623/janaloka.v1i2%20DESEMBER.8143
Kemenperin. (2015). Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional 2015 - 2035. In Rencana Induk Pembangunan Industri Nasional 2015-2035. https://policy.asiapacificenergy.org/sites/default/files/National Industry Development Master Plan %28RIPIN%29 2015-2035 %28BH%29.pdf
Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. (2020). Perubahan Gaya Hidup Dorong Industri Kosmetik. Kemenperin. https://kemenperin.go.id/artikel/21460/Perubahan-Gaya-Hidup-Dorong-Industri-Kosmetik
Mailasari, S. H., & Wahid, U. (2020). Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Isi Pesan Pada Iklan Wardah Cosmetics “Long Lasting Lipstic Feel The Color.” Journal Komunikasi, 11(1), 1–8. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/article/view/6810
Manzilati, A. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma, Metode, dan Aplikasi (T. U. Press (ed.)). Universitas Brawijaya Press (UB Press).
Maryam, S., Prasetyo, P., & Mahdalena, V. (2021). Literasi Media Digital Pada Kampanye Greenpeace Id Di Media Sosial Instagram Dalam Merubah Perilaku Masyarakat. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 5(1), 242–253.
Noviadhista, U. F., Prasetyo, B. D., & Antoni. (2019). Komodifikasi Identitas Tionghoa Dalam Humor: Studi Encoding/Decoding Stuart Hall Tentang Pertunjukan Stand-Up Comedy Ernest Prakasa. PAPATUNG: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, Pemerintahan Dan Politik, 2(3), 161–177. https://doi.org/10.54783/japp.v2i3.28
Prayoga, M. F., Setiawan, I., & Aji, F. (2014). Decoding Penonton terhadap Iklan Layanan Masyarakat Imunisasi Wajib bagi Balita Tahun 2013 di Televisi. PUBLIKA BUDAYA, 3(2). https://jurnal.unej.ac.id/index.php/PB/article/view/1536
Purnamasari, N. P., & Tutiasri, R. P. (2021). Analisis Resepsi Remaja Perempuan terhadap Gaya Hidup Berbelanja Fashion Melalui Tayangan Video “Belanja Gak Aturan” dalam Akun Tiktok @handmadeshoesby. Jurnal Representamen, 7(1). https://doi.org/https://doi.org/10.30996/representamen.v7i01.5129
Puspitaningrum, D. (2023). Crazy Rich Di Media Sosial Ditinjau Dari Teori Encoding-Decoding. Jurnal Inovasi Penelitian, 4(2), 487–494. https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jip.v4i2.2734
Rahman, F. (2019). Analisis Resepsi Followers Akun WWF Terhadap Kampanye Konservasi Lingkungan di Instagram [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/18484/14321157.pdf?sequence=12&isAllowed=y
Revlon. (2024). Live Boldly. Revlon Official Website. https://www.revlon.com/live-boldly
Rosariana, B. (2021). Generasi “Milenial” Dan Generasi “Kolonial.” Direktorat Jenderal Kekayaan Negara | Kementerian Keuangan Republik Indonesia. https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pontianak/baca-artikel/14262/Generasi-Milenial-Dan-Generasi-Kolonial.html#:~:text=Adapun Gen Z%2C merupakan generasi,berusia 24-39 tahun).
Setyaningrum, C. L. D. (2021). Resepsi Audiens Tentang Playlist Berjudul Vlog Pada Channel Youtube Hansol [Universitas Atma Jaya Yogyakarta]. http://e-journal.uajy.ac.id/id/eprint/25831%0Ahttp://e-journal.uajy.ac.id/25831/2/150905556 1.pdf
Suci, Y. P., Akhyar, T., & Azarkasyi, B. (2024). Analisis Komunikasi Persuasif pada Akun Youtube Ustadz Hilman Fauzi ( Studi Penerimaan pada Penonton Youtube Ustadz Hilman Fauzi ). Jurnal Studi Ilmu Komunikasi, 03(02), 92–105. https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jsikom/article/view/19119
Wahyuni, L. P., & Widiarti, P. W. (2024). Analisis resepsi toxic relationship dalam drama Korea Nevertheless di kalangan mahasiswa Yogyakarta. Lektur: Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(3). https://doi.org/10.21831/lektur.v6i3.20963
Widiastuti, T., & Syafiyah, F. N. (2023). Analisis Resepsi pada Pemaknaan Keluarga Ideal dalam Film Layangan Putus the Series. Jurnal Media Kom, 13(2), 101–111. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22441/mediakom.v13i2.21450
Widodo, A. D., Yogatama, A., & Budiana, D. (2022). Resepsi Perempuan terhadap Konsep Kecantikan pada Kampanye Somethinc # YourOnlyLimit di Instagram Pendahuluan. Jurnal E-Komunikasi, 10(2). file:///D:/Users/user/Downloads/admin,+Genap-Juli2022-F11180056.pdf
Winarti, W., Sarasati, F., Sudarsono, A. B., & Olivia, H. (2024). Resepsi Khalayak Pada Konten Kampanye Kesehatan Mental @ marshanda99 Dalam Diri Remaja. Jurnal Public Relations -JPR, 5(April), 7–12. https://doi.org/https://doi.org/10.31294/jpr.v5i1.3324
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.