STRATEGI PENANGANAN KOMPLAIN HUMAS MARKETING RS PANTI RAHAYU PURWODADI MELALUI EDUKASI DENGAN PENDEKATAN BUDAYA JAWA

Authors

  • Damianus Sissigi Universitas Kristen Satya Wacana
  • Rini Darmastuti Universitas Kristen Satya Wacana

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i3.60

Keywords:

Budaya Jawa, Edukasi, Humas Marketing, Komplain , Strategi Humas

Abstract

Layanan kesehatan memiliki divisi hubungan masyarakat yang bisa dianggap penting dalam menjalan tugasnya. Tugas humas sendiri salah satunya adalah menangani komplain konsumen terhadap instansinya. RS Panti Rahayu merupakan salah satu rumah sakit swasta terbesar di Purwodadi Grobogan yang memiliki bagian Humas Marketing dengan salah satu perannya menangani komplain pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan strategi penanganan complain, strategi edukasi seperti apa yang sudah dilakukan, dan strategi edukasi dalam penanganan complain dengan menggunakan pendekatan budaya Jawa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan studi kasus sebagai desain penelitian dan bagian Humas Marketing RS Panti Rahayu sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan Penanganan komplain selama ini berdasarkan adanya keluhan pasien yaitu lamanya antrian pendaftaran dan pengambilan obat, ketepatan jam dokter, serta beberapa keluhan lainnya. Strategi edukasi dalam proses penanganan komplain yang dilakukan dengan memberikan penjelasan, pengklarifikasian, permintaan maaf, dan solusi terhadap masalah yang dikeluhkan oleh pasien. Dalam upaya pendekatan dengan budaya Jawa, edukasi yang dilakukan kepada pasien juga memperhatikan karakteristiknya, status Pendidikan dan tingkat ekonomi, jenjang usia, serta asal daerah.

References

Adawiyah, R. (2013). Kompetensi Komunikasi Keluarga Jawa Dalam Penggunaan Bahasa Jawa Sebagai Bahasa Sehari-Hari (P. Vol. 1, No.1). Interaksi Online.

Anggriawan, F. (2017). Gaya Komunikasi Pimpinan Terhadap Motivasi Kerja Karyawan Pada PT PERUSAHAAN Listrik Samarinda. Ejournal Ilmu Komunikasi, 5(4), 260–274.

Astutik, M., Rusimamto, P. W., & Teknik. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Berbantuan Software Lectora Inspire Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Di Smk Negeri 2 Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(1), 107–114.

Bell, S.J., dan Luddington, J.A.2006. Coping with Customer Complaint, Journal of Servic, Sage Publicatios.

Creswell, W. J., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative Adn Mixed Methods Approaches. In Journal Of Chemical Information And Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Erisanty. D., Kriyantono. R., & N. S. . (2016). Studi Deskriptif Tentang Aktivitas Public Relations Di Indonesia Berdasarkan Prinsip-Prinsip Teori Excellence (Studi Pada Anggota Perhimpunan Hubungan Masyarakat (PERHUMAS) Malang). Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(4), 230.

Fatihudin, Didin dan Firmansyah, M.A. 2019.Pemasaran Jasa Strategi,Mengukur Kepuasan, dan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.

Keller, K., & Zierold, M. (2011). Konstruktivismus. Lexikon Der Geisteswissenschaften, 2(1), 421–427. Https://Doi.Org/10.7767/Boehlau.9783205790099.421

Musu KL, Suryawati C, W. H. (2020). Analisis Sistem Penanganan Komplain Di Rumah Sakit Permata Medika Semarang. Jurnal Manajemen Kesehatan Indonesia, 8(1), 7–15. Https://Ejournal.Undip.Ac.Id/Index.Php/Jmki/Article/View/25411

Nasiroh, A., Sadono, T. P., & Pratiwi, N. M. I. (2022). Strategi Humas Dalam Menangani Komplain Di RSU Bunda Sidoarjo. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(01), 16–20.

Puddin, A., Ubaidillah, A., & Setyawan, B. W. (2021). Pengaruh Budaya Dan Tradisi Jawa Terhadap Kehidupan Sehari-Hari Pada Masyarakat Di Kota Samarinda. 3, 67–73.

Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (Pp. 1–8). Yusuf.Staff.Ub.Ac.Id/Files/2012/11/Jurnal-Penelitian-Kualitatif.Pdf

Siregar, J. S. (2020). Pendidikan Berbasis Budaya Jawa Dalam Masyarakat Yogyakarta Jurnal IKRA-ITH Humaniora Vol 4 No 3 Bulan November 2020 Jurnal IKRA-ITH Humaniora Vol 4 No 3 Bulan November 2020. Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(3), 47–56.

Susanti, N., Halin, H., & Kurniawan, M. (2017). Pengaruh Bauran Pemasaran (4P) Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ekonomi Global Masa Kini, 8(1), 43–49.

Tanujaya, C. (2017). Perancangan Standart Operational Procedure Produksi Pada Perusahaan Coffeein. Jurnal Manajemen Dan Start-Up Bisnis, 2(1), 90–95.

Tjiptono, Fandi. 2014. Service, Quality & Statisfaction. Yogyakarta: Andi

Waine, I., Meliala, A., & Siswianti, V. D. Y. (2020). Penanganan Komplain Di Rumah Sakit. Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, 23(04), 127–132. Https://Jurnal.Ugm.Ac.Id/Jmpk

Zainal, A. U. (2021). Media Sosial Sebagai Metode Edukasi Pencegahan Penularan Media Sosial Sebagai Metode Edukasi Pencegahan Penularan Media Sosial Sebagai Metode Edukasi Pencegahan Penularan Media Sosial Sebagai Metode Edukasi Pencegahan Penularan Media Sosial Sebagai Metode. Seminar Nasional Abdimasmu, 2(1), 1–7

Downloads

Published

2023-07-10

Issue

Section

Articles