DAYA TARIK DAN STRATEGI KOMUNIKASI FORUM PENGEMBANGAN KAMPOENG BATIK LAWEYAN SOLO DALAM UPAYA MEMPERTAHANKAN WISATA LOKAL
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i3.7Keywords:
Daya Tarik, Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan Solo, Pariwisata, Wisata SoloAbstract
Kampoeng Batik Laweyan (KBL) merupakan salah satu wisata lokal di Kota Solo, keberadaanya berpadu dengan kenangan masa lampau dan modernitas, serta harmonisasi keunikan yang dimiliki membuat wisata ini menarik untuk dikunjungi. Tujuan penelitian ini ingin mengetahui daya tarik apa yang dimiliki KBL dan bagaimana penerapan strategi komunikasi yang dilakukan Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan (FPKBL) Solo dalam upaya mempertahankan wisata lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif melalui sumber pengumpulan data primer dan data sekunder, serta melakukan observasi. Hasil yang didapatkan bahwa dalam upaya mempertahankan wisata lokal di KBL, daya tarik wisata sangat diperlukan untuk menarik minat pengunjung seperti menjadikan KBL sebagai The Central Batik and Heritage of Java dan menawarkan modernitas secara bersamaan. Strategi komunikasi pariwisata sangat dibutuhkan dengan merancang pesan yang menarik oleh FPKBL didukung oleh pemerintah kota, masyarakat setempat, dan pengunjung. Memilih media promosi komunikasi dalam penyampaian pesan pariwisata yang menarik melalui media konvensional dan media online.
References
Anisah, S. S., & Dharma Tohjiwa, A. (2016). Pusat Batik Surakarta Hadiningrat Di Laweyan, Surakarta. Jurnal Ilmiah Desain Konstruksi, 15(1), 60–68.
Antari, N. L. S., & Luh, N. (2013). Peran industri pariwisata terhadap penerimaan pendapatan asli daerah Kabupaten Gianyar. Jurnal Perhotelan Dan Pariwisata, 3(1), 260–280.
Budiani, S. R., Wahdaningrum, W., Yosky, D., Kensari, E., Pratama, H. S., Mulandari, H., Iskandar, H. T. N., Alphabettika, M., Maharani, N., & Febriani, R. F. (2018). Analisis Potensi dan Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Komunitas di Desa Sembungan, Wonosobo, Jawa Tengah. Majalah Geografi Indonesia, 32(2), 170–176.
Cangara, H. (2013). Perencanaan Strategi Komunikasi. PT RajaGrafindo Persada.
Hendrawan. (2017). Analisis Strategi Komunikasi Dalam Peningkatan Kualitas Hasil Layanan di Nissan Puri Indah (Studi Kasus Pengunaan Email sebagai Hot Alert dalam Menentukan Kebijakan Pasca Guna Jasa). Media KOM : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, Vol.7, No.
Hidayat, M. (2016). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Objek Wisata (Studi Kasus Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat). THE Journal : Tourism and Hospitality Essentials Journal, 1(1), 33. https://doi.org/10.17509/thej.v1i1.1879
Kartika, T., & Fajri, K. (2017). Pengembangan Wisata Heritage Sebagai Daya Tarik Kota Cimahi. Jurnal Manajemen Resort Dan Leisure, 14(2), 35–46.
Kausar, D. R. K. (2013). Warisan Budaya, Pariwisata dan Pembangunan di Muarajambi, Sumatra. Journal of Tourism Destination and Attraction, 1(1), 13–24.
Krisnawati, L., & Suprihardjo, R. (2014). Arahan Pengembangan Kawasan Cagar Budaya Singosari Malang sebagai Heritage Tourism. Jurnal Teknik ITS, 3(2), C154–C159.
Kriyanto, R. (2017). Teori-Teori Public Relations Perspektif Barat & Lokal: Aplikasi Penelitian dan Praktik. PT Fajar Interpratama Mandiri, 412. http://books.google.co.id/books?id=I-VNDwAAQBAJ&printsec=copyright&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif (XXVII). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyana, D. (2008). Peran Komunikasi dalam Pengembangan dan Penerapan Iptek di Indonesia. Jurnal Sosioteknologi, 7(15), 468–480.
Rosidi, A. (2022). Kearifan lokal dalam perspektif budaya Sunda. Kiblat buku utama.
Wijaya, I. S. (2015). 428-Article Text-1096-1-10-20160423. Perencanaan Dan Strategi Komunikasi Dalam Kegiatan Pembangunan, XVIII(VOL 17, NO 1 JUNI (2015): LENTERA), 53–61. https://journal.uinsi.ac.id/index.php/lentera_journal/article/view/428
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.