PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL MELALUI E-COMMERCE PADA PELAKU USAHA MIKRO BATIK HASAN

Authors

  • Shalimar Mediana Universitas Telkom
  • Indra Novianto Adibayu Pamungkas Universitas Telkom

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i3.73

Keywords:

E-Commerce, Komunikasi Pemasaran, Pelaku Usaha Mikro, Pesan Komunikasi

Abstract

Digitalisasi merambah ke semua sektor bisnis termasuk pemasaran. Oleh karena itu, para pelaku bisnis harus dapat memanfaatkan perubahan kebutuhan masyarakat agar dapat bersinergi dengan digitalisasi. Selain itu, digitalisasi juga mempengaruhi kegiatan konsumsi masyarakat yang kemudian mendorong bisnis seperti Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) turut serta mengandalkan teknologi digital, terutama usaha mikro. Pelaku usaha mikro Batik Hasan merupakan salah satu UMKM mitra Rumah Kreatif BUMN (RKB) Bandung yang mulai menggunakan pemasaran digital di e-commerce. Pemasaran menggunakan e-commerce terutama bagi produk fesyen merupakan hal yang cukup potensial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja pesan komunikasi dan bagaimana penyampaian Batik Hasan dalam melaksanakan pemasaran digital di e-commerce. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma interpretif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Batik Hasan menyampaikan pesan komunikasi pemasaran digital di e-commerce dengan mempublikasikan informasi mengenai deskripsi produk dan konten edukasi. Selain itu, Batik Hasan juga menggunakan fitur untuk melakukan promotion campaign. Walaupun demikian, masih terdapat beberapa kekurangan diantaranya dalam melakukan penetapan STP dan pemilihan promotion campaign dengan tepat.

References

Brady, I., Cannella, G., Cheek, J., Fine, M., Flick, U., Koro-Ljungberg, M., MacLure, M., Morse, J., Nafukho, F., Saukko, P., Tedlock, B., & Torrance, H. (2018). The SAGE Handbook of Qualitative Research (Fifth Edit). SAGE Publications.

Cai, J., Wohn, D. Y. W., Mittal, A., & Sureshbabu, D. (2018). Utilitarian and Hedonic Motivations for Live Streaming Shopping. ACM International Conference on Interactive Experiences for TV and Online Video, 81–88.

Chaffey, D., & Smith, P. (2017). Digital Marketing Excellence Planning, Optimizing and Integrating Online Marketing (Fifth Edit). Routledge.

Chau, N. T., Deng, H., & Tay, R. (2020). Critical determinants for mobile commerce adoption in Vietnamese small and medium-sized enterprises. Journal of Marketing Management, 36(5–6), 456–487. https://doi.org/10.1080/0267257X.2020.1719187

Clow, K. E., & Back, D. (2022). Integrated Advertising, Promotion & Marketing Communications (Ninth Edit). Pearson.

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In Sage (Fifth, Vol. 53, Issue 9). SAGE Publications.

Dewi, R. M., & Hartono, T. (2019). E-Commerce Marketing Communication Strategies on Consumer Buying Interest. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 662(3).

Disbudpar Bandung. (2022). Batik Hasan. Https://Www.Disbudpar.Bandung.Go.Id/C_destinasi/Destinasi_detail/9.

Fill, C., & Turnbull, S. (2016). Marketing Communication Discovery, Creation and Conversation (Seventh Ed). Pearson.

Griffin, E., Ledbetter, A., & Sparks, G. (2018). A First Look at Communication Theory (Tenth Edit). McGraw-Hill Education.

Handini, V. A., & Choiriyati, W. (2020). Digitalisasi UMKM sebagai Hasil Inovasi dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat UMKM Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Riset Komunikasi, 2(2), 150–167. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRKom

Hennink, M., Hutter, I., & Bailey, A. (2020). Qualitative Research Methods 2E. In SAGE (2nd ed.). SAGE.

Kangean, S., & Rusdi, F. (2020). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Persaingan E-Commrece di Indonesia. Prologia, 4(2), 280–287.

Kementerian Badan Usaha Milik Negara. (2021). Kementerian BUMN bersama FHCI Gelar Inaugursi CEO CFO Muda Rumah BUMN. Https://Bumn.Go.Id/Media/Press-Conference/Kementerian-Bumn-Bersama-Fhci-Gelar-Inaugursi-Ceo-Cfo-Muda-Rumah-Bumn-68.

Leavy, P. (2017). Research Design: Quantitative, Qualitative, Mixed Methods, Arts-Based, and Community-Based Participatory Research Approaches. In The Guilford Press. The Guilford Press.

Milton Kotler, Tiger Cao, Sam Wang, & Collen Qiao. (2020). Marketing Strategy in the Digital Age: Applying Kotlers Strategies to Digital Marketing. World Scientific Publishing.

Robbani, M. M. (2022, June 6). Peran Rumah BUMN Bagi UMKM. Https://Www.Ukmindonesia.Id/Baca-Deskripsi-Posts/Peran-Rumah-Bumn-Bagi-Umkm.

Rumah BUMN. (2022). Hasan Batik. Https://Rumah-Bumn.Id/Ukm/596917.

Sariwaty, Y., Rahmawati, D., Oktaviani, F., & Amran, A. (2019). PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) CALIEF MELALUI IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(Februari), 218–224. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Schlegelmilch, B. B. (2016). Global Marketing Strategy: An Executive Digest. Springer. https://doi.org/10.1007/978-3-319-26279-6

Sin, K. Y., Osman, A., Salahuddin, S. N., Abdullah, S., Lim, Y. J., & Sim, C. L. (2016). Relative Advantage and Competitive Pressure towards Implementation of E-commerce: Overview of Small and Medium Enterprises (SMEs). Procedia Economics and Finance, 35(October 2015), 434–443. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(16)00054-x

Tomczak, T., Reinecke, S., & Kuss, A. (2018). Strategic marketing: Market-oriented corporate and business unit planning. In Strategic Marketing: Market-Oriented Corporate and Business Unit Planning (Seventh Ed). Springer Gabler. https://doi.org/10.1007/978-3-658-18417-9

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259–279. https://pdfs.semanticscholar.org/edce/ecb3ca028882ed030a0fc1ed439bcbd6add4.pdf

Downloads

Published

2023-07-10

Issue

Section

Articles