GAMBARAN MEDIA KOMUNIKASI PENDUKUNG AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA SELAMA MASA PANDEMI DI INDONESIA

Authors

  • Lalu Alan Harismagita Universitas Mataram
  • Candra Eka Puspitasari Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i4.77

Keywords:

Indonesia, Mahasiswa, Media Pembelajaran, Pandemi, Teknologi Informasi dan Komunikasi

Abstract

 

Adanya pandemi menjadi contoh nyata pemanfaatan teknologi sebagai media komunikasi karena adanya pembatasan aktivitas fisik di luar rumah sehingga semua kegiatan baik itu pekerjaan dan belajar dilakukan dari rumah masing – masing dengan bantuan teknologi informasi dan komunikasi. Beragam platform yang digunakan sebagai media pembelajaran selama masa pandemi seperti Google Classroom, Edmodo, Zoom Meeting, Google Meet, Whatsapp, Learning Management System, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran media komunikasi pendukung aktivitas belajar mahasiswa, menentukan jenis media komunikasi yang paling diminati yang digunakan sebagai penunjang aktivitas pembelajaran mahasiswa, dan mengetahui alasan pemilihan media komunikasi yang paling diminati mahasiswa di Indonesia sebagai penunjang aktivitas belajar selama masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan bersifat observasional dengan desain cross sectional dimana responden hanya mengisi kuisioner sebanyak satu kali  pada rentang waktu Juli - Agustus 2020. Teknik sampling menggunakan purposive sampling dengan populasi penelitian seluruh mahasiswa di Indonesia. Terdapat 313 mahasiswa yang mengisi kuisioner dengan lengkap dan bersedia mengikuti penelitian. Kombinasi media komunikasi yang paling banyak dipilih untuk mendukung aktivitas belajar mahasiswa di Indonesia adalah Whatsapp, Google Classroom, Zoom Meeting sebesar 90 orang. Whatsapp merupakan media sosial pendukung aktivitas belajar yang paling diminati oleh mahasiswa di seluruh Indonesia dengan presentase sebesar 34%. Mahasiswa banyak menggunakan media sosial pada rentang waktu 3-5 jam (31%). Mahasiswa banyak mengakses informasi COVID-19 selama 1 - 3 jam (90%). Faktor media sosial yang dipilih oleh mahasiswa adalah media yang mempermudah aktivitas belajar mahasiswa (65,20%).

References

Aisyah, S., & Kurniawan, M. A. (Universitas A. D. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi COVID-. 1(1), 48–56.

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 9924, 88–100.

Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital dalam Pembelajaran Daring di masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Bangun, E. (2020). Keberlanjutan Iptek di Bidang Pendidikan di Era Pandemi Covid 19 dan Endemi Covid-19. 121–128.

Devi Herliandry, L., Enjelina Suban, M., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 22(1). http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jtp

Fitriani, Y. (Universtias B. S. I. (2020). ANALISA PEMANFAATAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM ( LMS ) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 Yuni Fitriani JISICOM ( Journal of Information System , Informatics and Computing ) JISICOM ( Journal of Information System , Informatics and. 4(2), 1–8.

Habibi, I. (2020). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Daring (WHATSAPP GROUP, GOOGLE CLASSROOM DAN ZOOM MEETING) Ibnu Habibi. 12(02), 161–177.

Hendra, J., & Laugu, N. (2020). Eksistensi Media Sosial,Youtube, Instagram dan Whatsapp Ditengah Pandemi Covid-19 Dikalangan Masyarakat Virtual Indonesia. Baitul Ulum: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4(1). https://databooks.com

Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. Tematik, 7(1), 38–50. https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369

Mulyono, Y., Nasir, M., Satria, A. A., Suranto, & Yuliarti. (2021). MEDIA KOMUNIKASIDALAM PEMBELAJARAN ONLINEMASA PANDEMI COVID-19. 19, 78–106. https://ejournal.iahntp.ac.id/index.php/Dharma-duta/article/view/647/443

Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324

Nur, M., Utomo, Y., Sudaryanto, M., & Saddhono, K. (2020). Ingénierie des Systèmes d ’ Information Tools and Strategy for Distance Learning to Respond COVID-19 Pandemic in Indonesia. 25(3), 383–390.

Nurul Islami STAI Ar-Rosyid Surabaya, W., & Al Ayubi STAI Al-Azhar Menganti, S. (n.d.). Konsep Perkuliahan Daring… KONSEP PERKULIAHAN DARING GOOGLE CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN INTERAKSI AKADEMIK DI TENGAH PANDEMI KORONA. https://jurnal.stai-alazharmenganti.ac.id/index.php/fikroh

Pembelajaran, D. (2021). Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, No.4 Tahun 2021 84. 4, 84–96.

Publicuho, J., Tuwu, D., & Kendari, K. (2020). KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19. 3(2), 267–278. https://doi.org/10.35817/jpu.v3i2.12535

Purnamasari, I., Hayati, M. N., & Statistika, P. S. (2018). ANALISIS DESKRIPTIF PADA FAKTOR-FAKTOR YANG. 6(2).

Rachmawati, Y., Ma, M., Fadhillah, N., Inayah, N., Ummah, K., Nuh Fathsyah Siregar, M., Amalyaningsih, R., Aftannaila, F. A., Auliyah, A. F., & Sunan Ampel Surabaya, U. (n.d.). Indonesian Journal of Science Learning Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/IJSL

Rahartri. (2019). “Whatsapp” Media Komunikasi Efektif Masa Kini (Studi Kasus Pada Layanan Jasa Informasi Ilmiah di Kawasan Puspiptek). Visi Pustaka, 21(2), 147–156.

Rahayu, N. S. (2022). Komunikasi Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. 19. http://repository.unpas.ac.id/57611/1/ARTIKEL TESIS - NYIMAS SRI RAHAYU - NPM 208080001.pdf

Ritonga, S., Atnur, W. N., Panjaitan, E. U., & Rahmat, D. (2022). EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN A Study of Online Platforms Learning During the Covid-19 Pandemic in College. 4(1), 101–106.

Salsabila, U. H., Lestari, W. M., Habibah, R., & Dahlan, U. A. (2020). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di Masa Pandemi. 2(2).

Saudah, N., Hikmah, N., Suryanti, S., & Zubaidah, R. (2021). Sumber Belajar , Media Komunikasi , dan Desain Pembelajaran yang Direkomendasikan Pada Masa Pandemi COVID-19. 4(2), 157–162.

Widiara, I. K., & Life, L. (2018). BLENDED LEARNING SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN DI ERA DIGITAL. 2(2).

https://covid19.go.id/id/artikel/2023/06/21/pemerintah-putuskan-indonesia-masuki-masa-endemi

Downloads

Published

2023-10-10