ANALISIS WACANA KRITIS LOGO BONEK “WONG MANGAP” (ANALISIS WACANA KRITIS TEUN A. VAN DIJK)
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i3.86Keywords:
Analisis Wacana Kritis, Logo, IdentitasAbstract
Persebaya Surabaya merupakan klub Sepakbola yang ada di Surabaya, klub yang berdiri pada 1927 ini malang melintang di persepakbolaan Indonesia, salah satu klub terbesar di Indonesia ini memiliki basis Suporter yang dalam identitasnya di sebut Bonek (Bondo Nekat). Sebutan Bonek sendiri mulai di perkenalkan pada sekitaran tahun 1980 an oleh Slamet Urip Pribadi yang merupakan Wartawan Jawa Pos. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian terhadap obyek yaitu Logo “Wong Mangap”. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengambilan data menggunakan Analisis Wacana Kritis dari Teun A. Van Dijk dengan menganalisan tiga aspek yaitu struktur teks, kognisi sosial, dan konteks sosial terbentuknya logo “Wong Mangap” ini. Jika dianalisa secara umum tercipnya logo “Wong Mangap” tidak terlepas dari terikatan Mr Muchtar melihat semangat serta fanatisme dari Bonek itu sendiri. Dari analisis Teks bahwasannya logo ini memiliki bentuk menyerupai ekspresi orang teriak dengan mulut yang terbuka dengan lebar. Menunjukan ide dan tema seorang Bonek yang mendukung Persebaya Surabaya di dalam stadion dengan penuh semangat dan dedikasinya. Pada kognisi sosial peneliti menemukan bahwa pencipta logo “Wong Mangap” ini juga mempunyai ketertarikan pada Bonek dan Persebaya. Logo ini juga di rasa oleh pencipta cocok dengan identitas kota Surabaya dengan julukannya sebagai kota Pahlawan.
References
Alamsyah, M. I., & Prasetyo, I. J. (2019). Persebaya dan Bonek: Simbol-Simbol Komunikasi Supporter Sepakbola Komunitas “Syndicate Bonek Keputih (SBK).” Communicatus: Jurnal Ilmu Komunikasi, 2(2), 203–216. https://doi.org/10.15575/cjik.v2i2.5032
Amozi. (2020). Mengenal Awal Mula Logo Wong Mangap Dari Sang Pelukis Asli. https://emosijiwaku.com/2020/04/09/mengenal-awal-mula-logo-wong-mangap-dari-sang-pelukis-asli/
Eriyanto. (2008). Analisis Wacana: Pengantar Analisis Teks Media (Eriyanto (ed.)). PT LKiS Pelangi Aksara.
Fuller, A., & Junaedi, F. (2018). Ultras in Indonesia: conflict, diversification, activism. Sport in Society, 21(6), 919–931. https://doi.org/10.1080/17430437.2017.1300392
Gheeto. (2013). GOL! Memahami Kesuksesan dari Kacamata Sepakbola. (Gheeto (ed.); 1st ed.). PT Bhuana Ilmu Populer Kelompok Gramedia.
Jamaludin, A. (2022). Analisis Struktur Teks, Kognisi Sosial, Dan Dimensi Sosial Dalam Novel Pulang Karya Tere Liye (Analysis of Text Structure, Social Cognition, and Social Dimensions in Novel Pulang Creation Tere Liye). Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 12(1), 49. https://doi.org/10.20527/jbsp.v12i1.13045
Junaedi, F. (2019). MERAYAKAN SEPAKBOLA (F. Junaedi (ed.); 4th ed.). Fandom.
Junaedi, F., Nugroho, H., & Wahyono, S. B. (2017). Relasi Bonek dan Jawa Pos dalam Perspektif Strukturasi. Komunikator, 9(2), 124–138.
Junaedi, F., Nugroho, H., & Wahyono, S. B. (2018). Komodifikasi Bonek dalam Jejaring Konglomerasi Jawa Pos. Jurnal ASPIKOM, 3(5), 891. https://doi.org/10.24329/aspikom.v3i5.303
Prasetyo Sidiq. (2019). The Champions Persebaya Juara (Prasetyo Sidiq (ed.); 1st ed.). Pagan Press.
Purnomo, M. Y. S. M., & Krisdinanto, N. (2020). Chinese Bonek: Reject Racism Through Symbolic Communication. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 1–8. https://doi.org/10.21070/kanal.v9i1.686
Rakhmawati, T. A. (2022). Hubungan koneksi sosial dengan kesepian lansia di rumah pelayanan sosial lanjut usia klampok brebes. 8(02), 149–161.
Siswanto, A., & Febriana, P. (2017). Representasi Indonesia dalam Stand Up Comedy ( Analisis Wacana Kritis Norman Fairclough dalam Pertunjukan Spesial Pandji Pragiwaksono “ Mesakke Bangsaku ”) Angger Siswanto Poppy Febriana ( Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Ab. KANAL (Jurnal Ilmu Komunikasi), 5(2), 121–130.
Sobur Alex. (2001). ANALISIS TEKS MEDIA (Suatu Pengantar untuk Analisis Wacana,Analisis Semiotik,dan Analisis Framing) (Sobur Alex (ed.); 7th ed.). PT REMAJA ROSDAKARYA.
Syadzwina, A. W. W., Akbar, M., & Bahfiarti, T. (2014). Fenomenologi perilaku komunikasi suporter fanatik sepakbola dalam memberikan dukungan pada psm makassar. Jurnal Komunikasi KAREBA, 3(1), 1–7.
Wahdaniah, I., Toni, A., & Ritonga, R. (2020). Makna Logo Dinas Penerangan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut. Warta ISKI, 3(01), 67–74. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v3i01.57
Winarto Surahmad. (1989). Dasar Dasar Teknik Penelitian. CV Tarsita
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.