KOPIKO GO INTERNASIONAL: STRATEGI PEMASARAN BRAND PLACEMENT PADA PRODUK PERMEN KOPIKO

Authors

  • Dewi Triana Universitas Padjadjaran
  • Asep Suryana Universitas Padjadjaran
  • Dandi Supriadi Universitas Padjadjaran

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i4.88

Keywords:

Brand placement, Brand Awareness, Strategi Komunikasi Pemasaran

Abstract

Di era digital saat ini, dalam rangka memasarkan produk telah hadir berbagai cara dan media promosi. Salah satunya adalah dengan strategi pemasaran brand placement. Brand placement didefinisikan sebagai upaya menempatkan brand atau produk melalui program televisi atau film agar meningkat kesadaran akan suatu merek. Strategi promosi brand placement ini yang digunakan oleh brand permen kopiko asal perusahaan Mayora, namun brand permen Kopiko tidak berpromosi di film atau drama sinetron Indonesia melainkan memasang product placement permen Kopiko di tiga drama asal negara Korea Selatan yaitu Vicenzo, Hometown Cha Cha Cha, dan Mine. Pendekatan yang digunakan pada penelitian adalah kualitatif dengan studi pustaka dan kajian literatur seperti sumber berita, jurnal, atau prosiding, untuk menggali fenomena brand placement permen kopiko pada tayangan drama korea dan membandingkannya dengan produk lain yang juga menggunakan strategi promosi serupa. Artikel ini menunjukkan keberhasilan permen Kopiko dengan brand placement di tayangan korea karena soft selling yaitu dengan memasukkan produk sebagai bagian dari adegan dan cerita drama tersebut. Selain itu, penonton drama korea mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu mencapai 130 persen dalam 12 bulan karena efek pandemi yang menurunkan aktifitas di luar rumah pada tahun 2021.

References

Aaker, David A. (2013). Manajemen Pemasaran Strategi. Edisi Kedelapan. Jakarta: Salemba Empat.

Abidin, Zaenal. (2019). “Hubungan Antara Tayangan K-Drama Di Televisi Dengan Perilaku Pada Anak Remaja Dalam Mengimitasi Korean Fashion.” Jurnal Dakwah Dan Komunikasi KOMUNIKA Vol 13 No 1:65–79.

Alvari, Serafica Renza. (2020). “ANALISIS PRODUCT PLACEMENT DALAM SINETRON TUKANG OJEK PENGKOLAN.” INSTITUT SENI INDONESIA, Yogyakarta.

Herdana, Auditya. (2015). “Analisis Pengaruh Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Asuransi Jiwa Prudential Life Assurance (Studi Pada Pru Passion Agency Jakarta).” Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Vol 3 No 1:Hal 1-18.

Indonesia Marketing Research. (2022). Top Brand Index 2022.

Kotler, Philip, and Kerin Lane Keller. (2016). Marketing Management. 15th Edition. London: Pearson Education.

Kusumo, Rizky. (2021). “Muncul Di Drakor Vincenzo, Begini Cara Kopiko Kuasai Pasar Dunia.”

Mailoa, Melisa. (2020). “Penonton Drama Korea Angkatan Covid-19 : Pandemi Covid-19 Berhasil Membuat Serial Drama Korea Makin Populer.”

Masturahayu, Ghaisani, and Udung Noor Rosyad. (2018). “Brand Placement Sebagai Strategi Promosi Produk.” Prosiding Manajemen Komunikasi, Unisba, Bandung.

Maulida, Utami. (2021). “STRATEGI BRAND PLACEMENT MELALUI MEDIA FILM UNTUK MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS.” Madani Syari’ah Vol 4 No 2:Hal 42-52.

Maulida, Utami. (2021). “STRATEGI BRAND PLACEMENT MELALUI MEDIA FILM UNTUK MENCIPTAKAN BRAND AWARENESS.” Madani Syari’ah Volume 4 No 2:Hal 42-52.

Millenia, Diah Permata, Wilda Sansivera Siregar, and Nursiah Fitri. 2021. “ANALISIS PENGARUH BRAND AWARENESS, BRAND IMAGE DAN PRODUCT PLACEMENT TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN KOPIKO DALAM DRAMA KOREA VINCENZO.”

Murdana, Yopy Triski, and Bethani Suryawardani. (2019). “PENGARUH SOSIAL MEDIA MARKETING MELALUI INSTAGRAM TERHADAP BRAND AWARENESS PADA PT.DEALPRO INDONESIA BANDUNG 2019.” eProceedings of Applied Science Vol 5 No 2:Hal 847-851.

Orlando, Dillon. (2015). “Analisa Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Purchase Intention Sepeda Motor “ Kawasaki Ninja 250Fi “.” Jurnal Strategi Pemasaran Petra Vol 3 No 1:Hal 1-9.

Pahlevi, Reza. (2021). “Pengguna Pemblokir Iklan Internet Di Indonesia Terbesar Ketiga Di Dunia.”

Pahlevi, Reza. (2022). “Nielsen: Belanja Iklan Tumbuh 7% Di Semester I 2022, Iklan TV Mendominasi.”

Pusparisa, Yosepha. (2020). “Berkah Ekonomi Korea Dari Demam Drakor Saat Pandemi.”

Susanti, Ari. (2021). “DRAKOR RASA KOPIKO (Analisis Komunikasi Pemasaran Kopiko Pada Drama Korea Vincenzo.” Mediakom Volume 5 No 1:1–16.

Syarofi, Muhammad Syifa, Zainal Abidin, and Rastri Kusumaningrum. (2022). “PRODUCT PLACEMENT : BRAND AWARENESS KOPIKO PADA DRAMA KOREA VINCENZO.”

Wahdini, Riski, Dina Aulia Nasution, Mhd Yahya, and Suhairi. (2022_. “Analisis Strategi Pemasaran Produk Kopiko PT Mayora Indah dalam Memasuki dan Bersaing di Pasar Global.” Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi, dan Manajemen Vol 2 No 2.

Widyastuti, Sri. (2018). Manajemen Komunikasi Terpadu. Jakarta: FEB UP Press.

Wildan, Muhammad. (2020). “Lima Iklan Di Film Indonesia Yang Kemunculannya Mengganggu.”

Wulandari, Dwi. (2021). “Bikin Heboh Netizen, Ini Alasan Kopiko Sponsori Drakor ‘Vicenzo.’”

Downloads

Published

2023-10-10