KOMUNIKASI SOSIAL "KAWAN INSPIRASI KENDARI" DI SULAWESI TENGGARA
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i4.93Keywords:
Hubungan Sosial, Komunikasi Sosial, Perilaku Sosial, Kawan InspirasiAbstract
Komunikasi sosial memainkan peran penting dalam membentuk perilaku sosial dan hubungan antarindividu di berbagai konteks sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran komunikasi sosial dalam proyek "Kawan Inspirasi Kendari" di Sulawesi Tenggara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan hubungan sosial antara masyarakat Kendari serta menginspirasi mereka untuk berbagi ide, pengalaman, dan pengetahuan. Metode penelitian yang digunakan meliputi survei dan wawancara terhadap peserta proyek dan masyarakat setempat yang terlibat dalam "Kawan Inspirasi Kendari". Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis untuk mengidentifikasi pola komunikasi yang terjadi, saluran komunikasi yang digunakan, serta dampak terhadap keterlibatan sosial dan kualitas interaksi di komunitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa "Kawan Inspirasi Kendari" berhasil menciptakan platform komunikasi yang memfasilitasi pertukaran gagasan dan pengalaman positif antara masyarakat. Media sosial, pertemuan komunitas, dan lokakarya interaktif terbukti menjadi saluran efektif untuk berbagi informasi dan meningkatkan keterlibatan sosial. Interaksi melalui proyek ini juga memperkuat hubungan antara anggota komunitas dan meningkatkan kesadaran akan isu-isu sosial yang relevan. Penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya komunikasi sosial dalam menginspirasi dan membangun hubungan di dalam masyarakat. Implikasi temuan ini dapat digunakan untuk mengembangkan penelitian serupa di tempat lain dan meningkatkan efektivitas komunikasi sosial dalam upaya membangun hubungan yang harmonis dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Sulawesi Tenggara.
References
Akbar, M. F., Putubasai, E., & Asmaria, A. (2019). PERAN KOMUNIKASI DALAM PEMBANGUNAN MASYARAKAT. KOMUNIKA, 2(2), 111–127. https://doi.org/10.24042/komunika.v2i2.6027
Artha, I. M. K., Kawiana, I. G. P., & Trarintya, M. A. P. (2022). Peran Etos Kerja Kaizen , Teamwork dan Budaya Organisasi dalam Peningkatan Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan Dan Pariwisata, 2(4), 1019–1031.
Dani, J. A., & Mediantara, Y. (2020). Covid-19 dan Perubahan Komunikasi Sosial. Persepsi: Communication Journal, 3(1), 94–102. https://doi.org/10.30596/persepsi.v3i1.4510
Elisabeth Ayuna, N. (2023). Peran Komunikasi Dalam Proses Akulturasi Sistem Sosial Lokal. Technomedia Journal, 8(1 Juni), 35–51. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1.2015
Fadly, M., & Wantoro, A. (2019). Model Sistem Informasi Manajemen Hubungan Pelanggan Dengan Kombinasi Pengelolaan Digital Asset Untuk Meningkatkan Jumlah Pelanggan. Prosiding Seminar Nasional …, 46–55. https://jurnal.darmajaya.ac.id/index.php/PSND/article/view/1749
Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635–1643. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.940
Martinloi, M., Tangkudu, J. P. ., & Harilama, S. H. (2021). Pola Komunikasi Sosial di Masyarakat Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Teling Atas, Kecamatan Wanea. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(1). https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/31994
Ningsih, M. A., Ridwan, H., Rajab, M., & Dilla, S. (2021). Kontribusi Jaringan Komunikasi Kelompok Dalam Organisasi Kawan Inspirasi Kendari Di Kota Kendari. Jurnal Ilmu Komunikasi UHO : Jurnal Penelitian Kajian Ilmu Komunikasi Dan Informasi, 6(4), 516. https://doi.org/10.52423/jikuho.v6i4.21204
Pu, J., Zhang, J., Shao, H., Zhang, T., & Rao, Y. (2020). egoDetect: Visual Detection and Exploration of Anomaly in Social Communication Network. Sensors, 20(20), 5895. https://doi.org/10.3390/s20205895
Purba, B., & Muttaqien, C. A. (2021). Komunikasi Sosial Dalam Mempererat Persaudaraan Masyarakat Sunda Di Kota Medan. Network Media, 4(2), 1–19. https://doi.org/10.46576/jnm.v4i2.1402
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi. Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/common.v3i1.1950
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281
Putra, R. P., Rachmawati, I., Triwardhani, I. J., Komunikasi, I., & Bandung, U. I. (2023). KOMUNIKASI PEMASARAN DIGITAL DALAM PROGRAM. 8(2), 289–303. https://doi.org/http://dx.doi.org/ 10.52423/jikuho.v8i2.28
Putri, N. W. E. (2019). KOMUNIKASI SOSIAL DALAM MENSOSIALISASIKAN PENETAPAN KEBIJAKAN GUBERNUR BALI TENTANG PEMBATASAN TIMBULAN SAMPAH PLASTIK SEKALI PAKAI. Jurnal Nomosleca, 5(1). https://doi.org/10.26905/nomosleca.v5i1.2783
Reichenbach, A., Bringmann, A., Reader, E. E., Pournaras, C. J., Rungger-Brändle, E., Riva, C. E., Hardarson, S. H., Stefansson, E., Yard, W. N., Newman, E. A., & Holmes, D. (2019). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.
Shaffer, R., Thurman, A. J., Ronco, L., Cadavid, D., Raines, S., & Kim, S. H. (2022). Social communication in fragile X syndrome: pilot examination of the Brief Observation of Social Communication Change (BOSCC). Journal of Neurodevelopmental Disorders, 14(1), 1–11. https://doi.org/10.1186/s11689-021-09411-z
Sungkono, N., Santoso, Y. P., & Arief, M. (2022). Komunikasi Sosial Dalam Membangun Ekonomi Kerakyatan. Jurnal Pustaka Dianmas, 2(1), 14–19.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.