PENGARUH KONTEN REVIEW BUKU TERHADAP MINAT BACA PADA FOLLOWERS TIKTOK MEISYA SALLWA
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i3.96Keywords:
Konten, Review Buku, Minat BacaAbstract
Menurut data UNESCO (Devega, 2017), minat membaca masyarakat Indonesia saat ini tergolong sangat rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya minat membaca adalah munculnya media baru seperti platform Tiktok. Tiktok awalnya dianggap sebagai media hiburan semata. Namun, terdapat pihak-pihak yang mematahkan stigma tersebut dengan memberikan konten edukatif. Meisya Sallwa merupakan salah satu content creator Tiktok yang memberikan konten edukasi berupa konten review buku pengembangan diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh konten review buku terhadap minat membaca followers Tiktok Meisya Sallwa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan membagikan kuesioner secara online melalui Instagram, Tiktok dan Whatsapp. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, uji normalitas, analisis regresi linear sederhana, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi dan uji T. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil pengaruh konten review buku pengembangan diri sebesar 43,7% terhadap minat minat membaca sedangkan, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
References
Devega, E. (2017). TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos. Kominfo.Go.Id. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media#:~:text=TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia%3A Malas Baca Tapi Cerewet di Medsos&text=Fakta pertama%2C UNESCO menyebutkan Indonesia,
Gewati, M. (2016). Minat Baca Indonesia Ada di Urutan ke-60 Dunia. Edukasi.Kompas.Com. https://edukasi.kompas.com/read/2016/08/29/07175131/minat.baca.indonesia.ada.di.urutan.ke-60.dunia?page=all
Jumady, E., Djaharuddin, D., Ampauleng, Dahrul, A., & Torano, K. M. (2022). PROBLEMATIKA RENDAHNYA MINAT BACA DI DINAS PERPUSTAKAAN DAN KEARSIPAN PROVINSI SULAWESI TENGGARA. Jurnal Manjemen Sumber Daya Manusia, IX(1), 600–610.
Kusuma, V. A. (2021). Pengaruh Terpaan Konten Instagram @folkative terhadap Minat literasi Followers. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Mahdi, M. I. (2022). Pengguna Media Sosial di Indonesia Capai 191 Juta pada 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-capai-191-juta-pada-2022
Nistanto, K. R. (2022). TikTok Diprediksi Jadi Medsos Terbesar Ketiga pada 2022 TikTok Diprediksi Jadi Medsos Terbesar Ketiga pada 2022. Tekno.Kompas.Com. https://tekno.kompas.com/read/2022/01/03/08070077/tiktok-diprediksi-jadi-medsos-terbesar-ketiga-pada-2022?page=all
Nursalina, A. I., & Budiningsih, T. E. (2014). Hubungan Motivasi Berprestasi Dengan Minat Membaca Pada Anak. Educational Psychology Journal, 3(1), 1–7.
Putri, S. D., & Azeharie, S. (2021). Strategi Pengelolaan Komunikasi dalam Membentuk Personal Branding di Media Sosial Tiktok. Koneksi, 5(2), 280. https://doi.org/10.24912/kn.v5i2.10300
Saifuddin, A., Islam, U., Raden, N., Said, M., Kegiatan, U., & Dinamika, M. (2021). Faktor-Faktor Minat Baca Buku Pengembangan Diri. Faktor-Faktor Minat Baca Buku Pengembangan Diri.
Sekretariat. (2022). Peraih Ikapi Awards dari Tahun ke Tahun. Ikapi.Org.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.
Sundawa, Y. A., & Trigartanti, W. (2018). Fenomena Content Creator di Era Digital. Prosiding Hubungan Masyarakat, 4(2), 438–443. karyailmiah.unisba.ac.id
Susanto, H. (2013). Whole Brain Teaching Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Universitas Negeri Semarang.
Valiant, V. (2020). Pengelolaan Konten Tiktok sebagai Media Informasi ( Studi Deskriptif kualitatif mengenai pengelolaan konten tiktok pada akun @ iben _ ma ). Jurnal Ilmu Komunikasi, September, 1–21. http://repository.upi-yai.ac.id/4706/1/Pengelolaan Konten Tiktok sebagai Media Informasi.pdf
Veronika, R., & Aulia, S. (2022). Pengaruh Daya Tarik Konten Media Sosial @akutahu terhadap Minat Baca Generasi Milenial. Koneksi, 6(2), 295–304. https://doi.org/10.24912/kn.v6i2.15677
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.