ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN PENUTUPAN TIKTOK SHOP PADA PORTAL BERITA CNNINDONESIA.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID

Authors

  • Indah Mardini Putri Universitas Riau
  • Eka Fitri Qurniawati Universitas Islam Riau

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i1.155

Keywords:

Framing, Pemberitaan, Robert N Entman, TikTok Shop

Abstract

Saat ini berkat perkembangan teknologi, media telah menjadi suatu kebutuhan dalam berbagai kegiatan atau aktivitas, dengan pemanfaatan teknologi yang baik dan juga tepat maka akan dapat memperoleh informasi yang akurat. Penelitian ini menganalisis mengenai pola pemberitaan dengan menggunakan analisis framing yang dikemukakan oleh Robert N Entman terhadap dua portal berita online cnnindonesia.com dan republika.co.id yang berhubungan tentang pemberitaan penutupan TikTok Shop. Sifat penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif dan kualitatif yang dengan tujuan agar dapat mendeskripsikan secara sistematis, serta faktual dan akurat mengenai pemberitaan penutupan TikTok shop pada portal berita Cnnindonesia.com dan republika.com yang dipublikasikan pada tanggal 16-20 September 2023. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini adalah headline berita yang ada pada cnnindonesia.com dan republika.co.id. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cnnindonesia.com menggunakan model sintaksis frame yang mengacu pada sumber, latar belakang, dan penggunaan kata tertentu dalam pemberitaan yang berhubungan penutupan TikTok Shop. Sementara republika.co.id menggunakan model episodic framing, yang mana berfokus kepada suatu peristiwa yang terjadi pada waktu itu saja dan hanya ingin memberitakan suatu hal yang mudah untuk khalayak pahami dan khalayak.

References

Bungin, Burhan. 2008. Analisa Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: Prenada Media Group.

Dahinden, Urs. 2006. “Framing: Eine Integrative Theorie Der Massenkommunikation.” Forschungsfeld Kommunikation 22(October).

Entman, Robert M. 2007. “Framing Bias: Media in the Distribution of Power.” Journal of Communication 57(1): 163–73.

Eriyanto. 2011a. Analisis Framing : Konstruksi Ideologi, Dan Politik Media. Yogyakarta: CLKis.

———. 2011b. Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi Dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Gogali, Venessa Agusta, Angga Pradipta, Achmad Haikal, and Muhammad Ichsan. 2021. “Analisis Framing Robert N Entman Pada Pemberitaan Kecelakaan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 Di Kompas.Com Dan Detik.Com Tanggal 9-11 Januari 2021.” eJournal Komunikasi 12(1): 67–74. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom/index67.

Gunarso, Sandy. 2023. “Fenomena Aplikasi TikTok Shop Sebagai Alternatif Belanja Hemat.” 3(1): 109–14.

Handayani, Rade, Budhi Wahyu Fitriadi, and Depy Muhamad Pauzy. 2022. “The Influence of Social Media TikTok and E-Wom Interested to Buy Soemethinc Brand and Impact on The Purchace Decision (Survey of TikTok Users in The Management Study Program of University Perjuangan Tasikmalaya).” Journal of Indonesian Management (JIM) 2(3): 473–82.

Indriyani, Tesi, and Rita Herlina. 2021. “Makna Interaksi Host Dengan Penonton Saat Live.” Jurnal Profesional FIS UNIVED 8(2): 1–6.

Insani, D F, and A Zamzamy. 2023. “Analisis Framing Pemberitaan Media Online CNBC Indonesia. Com Dan Kompas. Com Mengenai Dampak Lingkungan Pemindahan Ibu Kota Negara.” Innovative: Journal Of Social Science … 3: 2981–93. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/3806.

Jaya, Denny Elvras, and Hamdani M Syam. 2019. “Analisis Framing Pemberitaan Kasus Korupsi E-Ktp Oleh Setya Novanto Di Cnnindonesia.Com Dan Viva.Co.Id.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah 4(3): 1–14. www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP.

Juliana, Hellen. 2023. “Pengaruh Siaran Langsung Dan Manfaat Yang Dirasakan Terhadap Niat Beli Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Aplikasi Tiktok Shop.” SINOMIKA Journal: Publikasi Ilmiah Bidang Ekonomi dan Akuntansi 1(6): 1517–38.

Katadata. 2023. “Pengguna TikTok Di Indonesia Terbanyak Kedua Di Dunia per April 2023.” https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/05/24/pengguna-tiktok-di-indonesia-terbanyak-kedua-di-dunia-per-april-2023-nyaris-salip-as.

Marheinis, Muhamad Irfan, and Herpindo. 2021. “ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN MEDIA DARING PERBEDAAN PEMBERITAAN INDOSPORT DAN BOLASPORT.COM TENTANG KEKALAHAN TIMNAS INDONESIA.” Journal of Innovation Research and Knowledge 17(1): 52–61.

McQuail, Denis. 2010. Mass Communication Theory. Sage Publications.

Meilani, Dian Nur Sahar, and Hendra Setiawan. 2022. “Analisis Framing PAN Dan Kosicki: Hibah Bunda Pintar Tempo.Co Dan CNN Indonesia.” Jurnal Bahasa, Sastra dan Budaya 1(1).

Moleong, Lexy J. 2015. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyansyah, Gumilar Tintan, and Raya Sulistyowati. 2020. “Pengaruh Digital Marketing Berbasis Sosial Media Terhadap Keputusan Pembelian Kuliner Di Kawasan G-Walk Surabaya.” Pendidikan Tata Niaga 9(1): 1097–1103. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/36056.

Nasrullah, Rulli. 2014. Teori Dan Riset Media Siber. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Paramita, Nabila Prajna, Erwin Kartinawati, and Hari Wiryawan. 2022. “Analisis Framing Pemberitaan Tidak Berkibarnya Bendera Merah Putih Di Upacara Penutupan Thomas Cup 2020 ( Studi Di Cnn Indonesia . Com Dan Pikiran Rakyat . Com ).” 1(2): 78–86.

Putri, Reza, and Ari Sulistyanto. 2020. “Analisis Isi Konten Edukasi Funfact Pada Akun Tiktok @Buiramira.” Jurnal ilmu komunikasi media sosial 4(1): 48–64.

Sa’adah, Ai Nur, Ayu Rosma, and Dea Aulia. 2022. “Persepsi Generasi Z Terhadap Fitur Tiktok Shop Pada Aplikasi Tiktok.” Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan 2(5): 131–40.

Siagian, Ade Onny, Rini Martiwi, and Natal Indra. 2020. “Kemajuan Pemasaran Produk Dalam Memanfaatkan Media Sosial Di Era Digital.” Jurnal Pemasaran Kompetitif 3(3): 44.

Sucipta, Johantan Alfando Wikandana, and Rizky Chandra Kurniawan. 2021. “Analisis Framing Pemberitaan Media Online Detik.Com Dan Kompas.Com Mengenai Kebijakan Kaltim Silent.” An-Nida : Jurnal Komunikasi Islam 13(1): 37–49.

Suhandang, Kustadi. 2004. Pengantar Jurnalisitik. Bandung: Penerbit Nuansa.

Downloads

Published

2024-01-10