HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI TENTANG PROGRAM KAMPUS MERDEKA PADA INSTAGRAM @LLDIKTIWILAYAH4 DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i2.193Keywords:
Kampus Merdeka, Kebutuhan Informasi, Kualitas Informasi, LLDIKTI Wilayah IVAbstract
Kampus merdeka saat ini menjadi topik yang diminati di kalangan masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, saat ini banyak pihak yang mulai menyajikan informasi terkait topik tersebut, salah satunya LLDIKTI Wilayah IV yang aktif menyajikannya melalui Instagram. Instagram LLDIKTI Wilayah IV dengan username @lldiktiwilayah4 memiliki jumlah followers terbanyak dari 16 LLDIKTI yang ada di Indonesia, sehingga diharapkan mampu memenuhi kebutuhan informasi followers dengan menyajikan informasi yang berkualitas. Dengan begitu, untuk mengetahui status kualitas informasi pada Instagram @lldiktiwialyah4, pada penelitian ini peneliti melakukan pengkajian terhadap kualitas informasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dimensi waktu, dimensi isi, dan dimensi bentuk tentang program kampus merdeka pada Instagram @lldiktiwilayah4 dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan studi korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara dimensi waktu, dimensi isi, dan dimensi bentuk tentang programkampus merdeka pada Instagram @lldiktiwilayah4 dengan pemenuhan kebutuhan informasi followers, sehingga diketahui bahwa terdapat korelasi antara kualitas informasi dengan pemenuhan kebutuhan informasi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Instagram @lldiktiwilayah4 telah mampu menyajikan informasi tentang kampus merdeka secara berkualitas, yaitu dengan memenuhi setiap indikator pada dimensi waktu, dimensi isi, dan dimensi bentuk, sehingga kebutuhan informasi followers tentang kampus merdeka dapat terpenuhi.
References
Anggini, I. D., Asbari, M., & Permata Noor, S. (2023). Program Kampus Merdeka: Wadah Mahasiswa Berkreasi, Berinovasi, dan Berprestasi. JOURNAL OF INFORMATION SYSTEMS AND MANAGEMENT, 02(06). Retrieved from https://jisma.org
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2016). Manajemen Penelitian (x). Jakarta: Rineka Cipta.
Chaya Fatharani, N., & Anisa, R. (2023). Pengelolaan Media Sosial Instagram @Lldiktiwilayah4 oleh Humas Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IV. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(8).
DataReportal. (2023, February 9). Digital 2023 Indonesia.
Diktiristek, D. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.
Lee, Y. W., Strong, D. M., Kahn, B. K., & Wang, R. Y. (2002). AIMQ: a methodology for information quality assessment. Information & Management, 40, 133–146. Retrieved from http://web.mit.edu/TDQM/
O’Brien, J., & Marakas, G. (2010). Management Information Systems, 10th Edition (10th ed.). McGraw Hill.
Prijana, & Yanto, A. (2020). Metode Penelitian Perppustakaan dan Sains Informasi (Pertama; N. S. Nurbaya, Ed.). Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Putri, N. A., Prijana, P., & Rohman, A. S. (2023). HUBUNGAN KUALITAS INFORMASI AKUN INSTAGRAM @SEPUTAR.AESPA DENGAN PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS. Fihris: Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 17(2), 119. https://doi.org/10.14421/fhrs.2022.172.119-140
Sampurno, M. B. T., Kusumandyoko, T. C., & Islam, M. A. (2020). Budaya Media Sosial, Edukasi Masyarakat, dan Pandemi COVID-19. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15210
Siregar, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Dilengkapi dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS (Pertama, Vol. 4). Jakarta: KENCANA.
Sugiyono. (2013). METODE PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, DAN R&D (Cetakan Ke-19). Bandung: Alfabeta.
Yonatan, A. Z. (2023, May 29). Pengguna Instagram Berdasarkan Rentang Usia 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.