INISIASI BRAND CANVAS SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA MALL UMKM SUMENEP

Authors

  • Nikita Fantikasari Universitas Trunojoyo Madura
  • Bambang Moertijoso Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i2.208

Keywords:

Brand Canvas, Business Model Canvas, Mall UMKM Sumenep, UMKM

Abstract

Terdapat 99% unit usaha di Indonesia adalah UMKM, namun pernyataan ini diimbangi juga dengan presentase ketidaksiapan usaha adalah penyebab kegagalan bisnis yang cukup besar. Untuk mengurangi penyebab itu pentingnya menerapkan kerangka model bisnis paling efektif yaitu brand canvas. Dengan memahami dan menerapkan konsep ini, para pelaku usaha produktif dapat menghindari persaingan dan kegagalan pasar yang semakin marak di Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan konsep brand canvas yang akan diterapkan pada salah satu ruang publik di kabupaten Sumenep. Mall UMKM Sumenep didedikasikan untuk pengembangan produk UMKM lokal setempat. Namun dengan banyaknya pemasok tersebut belum diimbangi dengan angka penjualan yang besar. Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalisasikan strategi komunikasi pemasaran menggunakan konsep brand canvas guna untuk mengembangkan lokasi penelitian. Menginisiasi pentingnya penggunaan konsep Brand Canvas sebagai strategi bisnis untuk memudahkan para pelaku usaha agar memahami pangsa pasar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dengan menerapkan sembilan faktor dari Bussines Model Canvas diharap bisa memberikan beberapa alternatif strategi baru yang bisa dilakukan untuk meningkatkan penjualan serta membantu menciptakan produk lokal UMKM naik kelas.

References

Amalia, S. N. (2020). Rintisan. Jakarta: 1000startupdigital.Id.

Clark, T., Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2012). Business Model You: A One-Page Method For Reinventing Your Career. John Wiley & Sons.

Devi Noervitasari, S. A. (2022). Pengaruh Orientasi Kewirausahaan Dan Keunggulan Bersaing Terhadap Keberhasilan Industri Logam Di Waru Sidoarjo. Seminar Nasional 2022 "Transformasi Digital Dalam Upaya Peningkatan Perekonomian Pasca Pandemi, 92.

Devyana, C. (2016). Model Bisnis Pada Perusahaan X Menggunakan Business Model Canvas. Agora.

Huda, N. (2023). Strategi Pengembangan Usaha Pada Umkm Apen Dhulit Di Kecamatan Kalianget Kabupaten Sumenep. Sipora.

Irmayanti, I. K. (2021). Strategi Penerapan Business Plan Dalam Meningkatkan Penjualan Menurut Prespektif Ekonomi Islam. Jurnal Akunsyah: Jurnal Akuntansi & Keuangan Syariah, 65.

Kotler, P. (1996). Manajemen Pemasaran : Maketing Management. Jakarta: Pt. Prenhallindo.

Lestari Aprilia Dwi, S. R. (2021). Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Unp Kediri Implementasi Swot Dan Business Model Canvas Guna Terciptanya Keunggulan Kompetitif Produk Pada Barelo Cafe Nganjuk. Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi Dan Akuntansi.

Royan, F. M. (2014). Bisnis Model Kanvas Distributor:Memetakan Kinerja Optimal Distributor Dan 30 Kesalahan Yang Dilakukan. Jakarta: Pt Gramedia Pustaka Utama.

Marbun, B. N. (2003). Kamus Manajemen. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Ningrum, W. S. (2012). Pengaruh Saluran Distribusi Dan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Sandal Pada Ukm Sandal Di Mojokerto. Jurnal Pendidikan Tata Niaga.

Osterwalder A, P. Y. (2010). Business Model Generation: A Handbook For Visionaries, Game Changers, And Challengers. New Jersey: Hoboken.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Pt Alfabet.

Downloads

Published

2024-04-16

Issue

Section

Articles