STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBANGUN KETERLIBATAN MASYARAKAT PADA EVENT KEBUMEN INTERNATIONAL EXPO 2023

Authors

  • Amelia Natha Santika Universitas Teknologi Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.234

Keywords:

Event, Kebumen Internasional Expo, Masyarakat, Public Relations

Abstract

Strategi public relations penting dalam membangun keterlibatan masyarakat pada event Kebumen Internasional Expo 2023. Event ini pertama digelar dalam skala internasional di Kebumen, dampak keberhasilan strategi dapat diterapkan kembali pada program yang serupa dimasa mendatang. Tujuan penelitian untuk mengetahui strategi public relations yang efektif dalam membangun keterlibatan masyarakat melalui event tersebut. Menggunakan metode kualitatif deskriptif, paradigma post-positvisme dan triangulasi data sebagai uji keabsahan data. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan studi kepustakaan yang dianalisis menggunakan teori PII (preparation, implementation, impact). Hasil penelitian pada tahap preparation mengenai potensi daerah yang perlu dikembangkan dan upaya meningkatan kunjungan wisata. Ketepatan pesan dilihat melalui kegiatan sosial serta kualitas pesan diukur melalui kolaborasi komunitas lokal dan sponsorship. Tahap implementation strategi melalui promosi dan publikasi. Public relations  melakukan mentions dan penawaran tiket flash sale untuk menarik minat masyarakat. Keberhasilan jumlah penerima pesan diukur melalui jumlah pengunjung dan pengunjung yang berasal dari luar daerah. Tahap impact, jumlah publik yang memahami isi pesan dilihat dari partisipasi dan tingkat kepuasan masyarakat dalam berkunjung. Jumlah masyarakat yang mengubah opini dapat dilihat dari penghargaan yang diraih setelah event berlangsung. Promosi dan publikasi menjadi strategi paling efektif dalam membangun keterlibatan masyarakat, sehingga dapat diterapkan dalam praktik public relations dimasa mendatang.

References

Administrator. (2023a). Cerita PKL Dapat Keuntungan Satu Juta rupiah Tiap Hari Selama KIE. Retrieved May 26, 2024, from Website Kebumen Internasional Expo website: https://internationalexpo.kebumenkab.go.id/index.php/welcome/berita_detail/35

Administrator. (2023b). KEBUMEN INTERNATIONAL EXPO 2023. Retrieved from Website Puskesmas Kebumen Dua website: https://puskesmaskebumendua.kebumenkab.go.id/index.php/web/post/269/kebumen-international-expo-2023

Administrator. (2023c). KIE 2023 Sediakan 500 Stand Pameran, 60 Persen Diisi Pengusaha Kebumen. Retrieved May 26, 2024, from Website Kebumen Internasional Expo website: https://internationalexpo.kebumenkab.go.id/index.php/welcome/berita_detail/4

Administrator. (2023d). KIE Sukses Digelar, 91% Masyarakat Puas dan Minta Diadakan Tiap Tahun. Retrieved May 26, 2024, from Website Kebumen Internasional Expo website: https://internationalexpo.kebumenkab.go.id/index.php/welcome/berita_detail/34

Agung. (2022). KIE Sukses digelar dengan banyak capaian lampaui target. Retrieved May 23, 2024, from Website Kebumen Internasional Expo website: https://internationalexpo.kebumenkab.go.id/index.php/welcome/isi_buku/71

Agusta, F. I., & Prisanto, G. F. (2021). Pengaruh Program Event Bekas Jadi Berkah terhadap Citra Perusahaan OLX Indonesia. Prosiding Hubungan Masyarakat, 7(1), 11.

Andi. (2022). Konsep KIE, Event Organizer dan Kehadiran PERTAMINA. Retrieved May 23, 2024, from Website Kebumen Internasional Expo website: https://internationalexpo.kebumenkab.go.id/index.php/welcome/isi_buku/2

Cutlip, S. M., Allen, H. C., & Broom, G. M. (2006). Effective Public Relations: Edisi Kesembilan (Ed. Kesemb; T. Wibowo, Ed.). Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Effendy, O. U. (1998). Hubungan Masyrakat Suatu Studi Komunikologis (T. Surjaman, Ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gita, A. (2023). UMK Pertamina Siap Pamerkan Beragam Kuliner dan Fashion di Kebumen International Expo. Retrieved May 26, 2024, from Republika website: https://ekonomi.republika.co.id/berita/rwhrw8423/umk-pertamina-siap-pamerkan-beragam-kuliner-dan-fashion-di-kebumen-international-expo

Gori, F., & Simamora, P. R. (2020). Pola Komunikasi Organisasi Dalam Meningkatkan Kinerja Kepala Desa Marao Kecamatan Ulunoyo Kabupaten Nias Selatan. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 5(2), 115–122. Retrieved from https://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/socialopinion/article/view/773/680

Indrayani, H., & Evriyana, A. (2021). Strategi Pr Indonesia Dalam Membangun Corporate Reputation Melalui Event Jambore Pr Indonesia (Jampiro). Kinesik, 8(2), 110–127. https://doi.org/10.22487/ejk.v8i2.151

Jenty, F., & Setyanto, Y. (2019). Pemanfaatan Event sebagai Upaya Public Relations dalam Membangun Reputasi Perusahaan (Studi pada PT. XYZ sebagai pendukung kegiatan Asian Games 2018). Prologia, 2(2), 320. https://doi.org/10.24912/pr.v2i2.3593

Lestari, M. T. (2021). Public Relations Event: Membangun Image, Reputasi dan Mutual Understanding (Ed. Pertam; Suwito & K. Laily, Eds.). Jakarta: Prenada Media. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=8oM8EAAAQBAJ

M.A Morissan. (2008). Manajemen Public Relations: Strategi Menjadi Humas Profesional. Jakarta: Kencana Pernada Media Group.

Moleong, L. J. (2016). Metode Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Naurora Faddiko. (2023). Kebumen International Expo 2023: Trade, Tourism, Investment, Geopark. Retrieved May 26, 2024, from Galamedia News.com website: https://galamedia.pikiran-rakyat.com/news/pr-356790413/kebumen-international-expo-2023-trade-tourism-investment-geopark?page=all

Nurhadi, Z. F., & Kurniawan, A. W. (2017). Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran dan Penelitian. Jurnal Komunikasi Hasil Pemikiran Dan Penelitian, 3(1), 90–95.

POETRA, R. H. (2021). Strategi Event Public Relations Pada Expo ASESI Dalam Membangun Reputasi Sekolah Sunnah. LONTAR: Jurnal Ilmu Komunikasi, 9(1), 55–64. https://doi.org/10.30656/lontar.v9i1.2533

Putri. (2023). Selamat! Bupati Kebumen Raih Anugerah Revolusi Mental 2023 dari Kemenko PMK. Retrieved May 26, 2024, from Website Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen website: https://www2.kebumenkab.go.id/index.php/web/news_detail/2/7542

Rahmadani, F., & Andrini, S. (2021). Strategi Public Relations Dalam Membangun Citra Perusahaan Melalui Pameran Indonesia International Motor Show (Iims). Jurnal Audience, 4(01), 38–59. https://doi.org/10.33633/ja.v4i01.4203

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles