STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN LPG SUBSIDI (STUDI KASUS PT. CAHAYA GASINDO DI KABUPATEN DELI SERDANG)

Authors

  • Arif Budimansyah UIN Sumatera Utara
  • Rholand Muary UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.240

Keywords:

Efektivitas Bauran Pemasaran, Hambatan Distribusi, LPG Bersubsidi, Komunikasi Pemasaran LPG

Abstract

PT. Energi Cahaya Gasindo merupakan salah satu agen distributor LPG di Kabupaten Deli Serdang, pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui komunikasi pemasaran yang dilakukan PT. Energi Cahaya Gasindo kepada sub agen/pangkalan yang menjadi konsumen organisasi yang memiliki tanggung jawab memasarkan gas subsidi ke konsumen terakhir yaitu masyarakat yang memeliki kategori yang telah ditetapkan yaitu masyarakat miskin, serta kendala-kendala yang dihadapi PT. Energi Cahaya Gasindo dalam memasarkan produk tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalaha metode penelitian kualitatif, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. hasil penelitian menunjukkan bahwasannya penggunaan komunikasi pemasaran direct marketing dapat membuat perusahaan secara langsung mengetahui kendala dan  kebutuhan bagi sub agen/pangkalan, selain itu PT. Energi Cahaya Gasindo menggunakan komunikasi interpersonal sehingga dengan penggunaan komunikasi interpersonal dalam direct marketing dapat menumbuhkan kepercayaan kepada pangkalan terhadap produk yang ditawarkan serta perusahaan mendapatkan feedback pada penjualan yang dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa PT. Energi Cahaya Gasindo dalam rangka meningkatkan penjualan pada gas subsidi 3 kg di Kabupaten Deli Serdang adalah, komunikasi pemasaran PT. Energi Cahaya Gasindo berdasarkan analisis menggunakan alat-alat bauran pemasaran (marketing mix) untuk menentukan metode pemasaran yang tepat  dalam proses pemasaran.

References

Anggito, setiawan dan. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. CV. Jejak.

Dibb, S., Simkin, L., Pride, W. M., & Ferrell, O. C. (2019). Marketing: Concepts and strategies. thuvienso.hoasen.edu.vn.

Dunan, H., Antoni, M. R., Jayasinga, H. I., & Redaputri, A. P. (n.d.). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan “ Waleu ” Kaos Lampung di Bandar Lampung Sumber : Asosiasi Pengusaha Oleh-Oleh Provinsi Lampung. 167–185.

Fam, K. S., Brito, P. Q., Gadekar, M., Richard, J. E., & ... (2019). Consumer attitude towards sales promotion techniques: a multi-country study. Asia Pacific Journal of …. https://doi.org/10.1108/APJML-01-2018-0005

Hajiaghaei-Keshteli, M., & Fard, A. M. F. (2019). Sustainable closed-loop supply chain network design with discount supposition. Neural Computing and …. https://doi.org/10.1007/s00521-018-3369-5

Harita, H. T. S., & Siregar, O. M. (2022). PENGARUH DIRECT MARKETING DAN PRODUCT QUALITY TERHADAP MINAT BELI ULANG PADA LIVE STREAMING MARKETING TIKTOK (Studi pada pengguna aplikasi Tiktok di Kota Medan). Jurnal Ekonomi Kreatif Dan Manajemen Bisnis Digital, Volume 1(2), 171–184. https://transpublika.co.id/ojs/index.php/JEKOMBITAL

Haryanto, M., Saudi, N. S., Anshar, Muh. A., Hatta, Moh., & Lawalata, I. L. D. (2022). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjualan. Journal of Management, 5(1), 222–237.

Herman, E. S., & Chomsky, N. (2021). Manufacturing consent. Power and Inequality. https://doi.org/10.4324/9781315201511-25

Jectendra, A. (2022). PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA GAS ELPIJI 5, 5 KG (NON SUBSIDI): Survei pada Pelanggan di CV. Jectendra …. JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan ….

Khasali, R. (2001). Membidik Pasar Indonesia : Segementasi, Targeting, dan Positioning. PT. Gramedia Pustaka.

Kotler, P. (2016). Dasar-Dasar Pemasaran. Bumi Aksara.

Manumpil, A., Mananeke, L., & ... (2021). Pengaruh strategi bauran pemasaran terhadap minat beli ulang produk geprek bensu manado. Jurnal EMBA: Jurnal ….

Mola, M. S. R., & Witarti, D. I. (2020). Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Pengembangan Pariwisata Ende Studi Kasus: Festival Danau Kelimutu. Communication, 11(1), 1–13. http://journal.budiluhur.ac.id/index.php/comm/article/view/1004

No TitlePeraturan Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral Nomor 26 Tahun 2009 Tentang Penyediaan Dan Pendistribusian Liquefied Petroleum Gas, Pub. L. No. 26 (2009).

Noviastuti, N. (2022). Upaya Meningkatkan Penjualan Menggunakan Metode Marketing Mix Di Pt.Mega Finance Yogyakarta. Jurnal Nusantara (Jurnal Ilmiah Pariwisata Dan Perhotelan), 5(1), 30–37. https://jurnal.akparda.ac.id/index.php/nusantara

Qomaruddin, N., & Prabowo, B. (2023). Strategi Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Di Kedai Ms18 Lamongan. SEIKO : Journal of Management & Business, 6(1), 231–241.

Rahmi, N. F., Wafa, M. A., & Lieta Dwi N. (2020). Efektivitas Komunikasi Pemasaran Dalam Meningkatkan Omset Penjualan Di Nonninth Southern Banjarmasin. Komunikasi Pemasaran, 02(02), 493–496.

Rangkuti, F. (2013). Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus. Gramedia Pustaka Utama.

Soemangara, R. (2006). Strategic Marketing Communication,Konsep Strategis dan Terapan. Alfabeta.

Subakdo Wawan Ardi, D. N. Y. A. (2016). IN-BOUND DAN OUT-BOUND LOGISTIC PADA DISTRIBUSI LPG 3KG DI INDONESIA. Prosiding Semnastek.

Tenda, Y. J., Mukuan, J. A. F. K. D. D. S., & Jurusan. (2022). Analisis Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Kacang Shangrai di UD Virgin Kawangkoan. Productivity, 3(3), 1–7.

Downloads

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles