PEMANFAATAN APLIKASI INSTAGRAM FLOWER BATAVIA DI KENDARI DALAM MENINGKATKAN PROMOSI PEMASARAN
DOI:
https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i3.248Keywords:
Flower Batavia, Media Instagram, Promosi PemasaranAbstract
Aplikasi Instagram merupakan sebuah media yang dapat menghubungkan pengguna yang satu dengan pengguna lainnya dengan menggunakan jaringan insternet dan dapat membagikan foto maupun video dengan mudah dan cepat. Pengguna Instagram mampu mendapatkan informasi, berbagi informasi dan melakukan sebuah usaha (bisnis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui toko flower batavia dalam meningkatkan promosi pemasaran melalui instagram. Fokus pada teori ini adalah seorang pengusaha dapat melakukan sebuah promosi agar mendapatkan tujuan tertentu seperti membujuk, mempengaruhi konsumen dan menjalin hubungan dengan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu Toko Flower Batavia dengan unit analisis Instagram dalam meningkatkan promosi pemasaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 10 orang dan menggunakan teknik secara purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui teori bauran promosi didapatkan bahwa flower batavia telah melakukan promosi melalui instagram dengan memposting setiap produk yang telah ready agar diketahui oleh pengguna lainnya. Kegiatan promosi tersebut dilakukan setiap harinya dengan memposting 10 macam buket yang ready melalui akun instagramnya. Dengan begitu pula ditemukan bahwa konsumen dapat melihat rangkaian buket yang telah diposting. Peneliti juga menemukan bahwa adanya promosi lisan yang dilakukan oleh konsumen yang satu ke konsumen lainnya yang dimana promosi ini sangat menguntungkan karena dengan begitu toko flower batavia dapat dikenal oleh masyarakat luas dan tertarik untuk membeli produknya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa dengan menggunakan instagram, flower batavia dapat membangun brand awereness kepada khalayak dan membangun loyalitas merk dikalangan masyarakat luas.
References
Bilgin, Y. (2018). The effect of social media marketing activities on brand awareness, brand image and brand loyalty. Business & Management Studies: An International Journal, 6(1), 128-148. https://doi.org/10.15295/bmij.v6i1.229
Bruhn, M., Schoenmueller, V., & Schäfer, D. B. (2012). Are social media replacing traditional media in terms of brand equity creation? Management Research Review, 35(9), 770-790. https://doi.org/10.1108/01409171211255948
Godey, B., Manthiou, A., Pederzoli, D., Rokka, J., Aiello, G., Donvito, R., … & Singh, R. (2016). Social media marketing efforts of luxury brands: influence on brand equity and consumer behavior. Journal of Business Research, 69(12), 5833-5841. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2016.04.181
Hairuddin, K. N., Thoo, A. C., Tat, H. H., & Hang, S. P. (2021). The implementation of social media marketing strategies to increase brand awareness and engagement behaviour of a private college. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 11(7). https://doi.org/10.6007/ijarbss/v11-i7/10468
Kaczmarek-Śliwińska, M., Piechnik-Czyż, G., Jupowicz-Ginalska, A., Leonowicz-Bukała, I., & Adamski, A. (2021). Social media marketing in practice of polish nationwide catholic opinion-forming weeklies: case of instagram and youtube. Religions, 13(1), 19. https://doi.org/10.3390/rel13010019
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing (17th ed.). Pearson.
Schivinski, B., & Dąbrowski, D. (2015). The impact of brand communication on brand equity through facebook. Journal of Research in Interactive Marketing, 9(1), 31-53. https://doi.org/10.1108/jrim-02-2014-0007
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
The, N. T. N. (2023). Study of marketing online by digital finance. Journal of Economics, Finance and Accounting Studies, 5(2), 52-58. https://doi.org/10.32996/jefas.2023.5.2.5
Veirman, M. D., Cauberghe, V., & Hudders, L. (2017). Marketing through instagram influencers: the impact of number of followers and product divergence on brand attitude. International Journal of Advertising, 36(5), 798-828. https://doi.org/10.1080/02650487.2017.1348035
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 The Authors
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.