TELEMEDICINE CONSULTATION : IS IT EFECTIVE ?

Authors

  • La Tarifu Universitas Halu Oleo
  • Sartika Sari Wardanhi Universitas Hasanuddin
  • Fera Tri Susilawaty Universitas Halu Oleo
  • Masrul Masrul Universitas Halu Oleo

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v8i2.25

Keywords:

konsultasi digital, komunikasi efektif, konsultasi online, Telemedicine

Abstract

Aplikasi telemedicine didesain agar para pasien  mendapatkan layanan kesehatan dengan lebih mudah. Pasien dapat melakukan konsultasi kesehatan tanpa dibatasi jarak dan waktu. Saat pandemi, penggunaan telemedicine meningkat.  Tidak adanya kontak langsung pasien dengan dokter dapat mencegah penularan penyakit tertentu. Namun, apakah tanpa adanya kontak  dan konsultasi langsung membuat komunikasi pasien dan dokter dapat terjadi dengan baik ? dan apakah pasien puas terhadap konsultasi online dengan bantuan telemedicine. Penelitian ini melakukan pengukuran dengan lima indikator efektivitas Komunikasi oleh Bernard yakni dalam (Basori, 2017) yaitu daya tarik (attraction), pemahaman (comprehension), penerimaan (acceptability), keterlibatan (self involvement) dan keyakinan (persuasion). Metode riset menggunakan deskriptif kuantitatif dengan jumlah sampel 97 orang yaitu pengguna aplikasi telemedicine. Penarikan sampel dengan metode Lemenshow. Beberapa data juga diambil melalui interview untuk memperoleh data kualitatif sebagai perbandingan untuk menyempurnakan hasil dari data analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima indikator berada dalam kategori baik sehingga aplikasi Halodoc efektif dalam konsultasi online. Adapaun kesimpulan riset ini bahwa tidak hanya efektif, telemedicine juga efisien untuk digunakan. Pasien merasa bebas untuk memilih dokter, praktis dan murah dan mudah dalam penggunaan fitur telemedicine.

References

Akbar, M. M., & Parvez, N. (2009). Impact of service quality, trust, and customer satisfaction on customers loyalty. ABAC Journal, 29(1).

Basori, B. (2017). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahan Body Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 7(2).

Chang, M. C., & Boudier-Revéret, M. (2020). Usefulness of telerehabilitation for stroke patients during the COVID-19 pandemic. American Journal of Physical Medicine & Rehabilitation.

Desy Setyowati. (2020). Jumlah Pengguna Baru Layanan Telemedicine Capai 44% dalam 6 Bulan - Startup Katadata.co.id. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/624e9b8b96669/jumlah-pengguna-baru-layanan-telemedicine-capai-44-dalam-6-bulan

Indriyarti, E. R., & Wibowo, S. (2020). Bisnis Kesehatan Berbasis Digital: Intensi Pengguna Aplikasi Digital Halodoc. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 4(2).

Kalumata, E. M., Waleleng, G. J., & Kalangi, J. S. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI HALODOC TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI KESEHATAN di KELURAHAN PANIKI BAWAH KECAMATAN MAPANGET KOTA MANADO. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 3(4).

Melinda, T., & Setiawati, C. I. (2022). Analisis Minat Pengguna Layanan Telemedicine Halodoc Di Kota Bandung Dengan Menggunakan Model Modifikasi UTAUT2. SEIKO: Journal of Management & Business, 5(2), 262–273.

Organization, W. H. (2020). Implementing telemedicine services during COVID-19: guiding principles and considerations for a stepwise approach. WHO Regional Office for the Western Pacific.

Putra, P. A., & Suryanata, I. (2021). Sinergi Halodoc dalam mutu pelayanan rumah sakit di masa pandemi Covid 19. EJ Ekon Dan Bisnis Univ Udayana, 10(04), 211–222.

Saputra, D. A., & Dewi, R. K. (2022). Hubungan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengguna Platform Telemedicine Halodoc Tahun 2022. Jurnal Rekam Medis & Manajemen Infomasi Kesehatan, 2(2), 1–16.

Sari, G. G., & Wirman, W. (2021). Telemedicine sebagai Media Konsultasi Kesehatan di Masa Pandemic COVID 19 di Indonesia. Jurnal Komunikasi, 15(1), 43–54.

Sekarwulan, A., & Purwanto, H. (2020). Peran instagram@ p2ptmkemenkesri sebagai media kampanye kesehatan. Communications, 2(1), 1–15.

Smith, A. C., Thomas, E., Snoswell, C. L., Haydon, H., Mehrotra, A., Clemensen, J., & Caffery, L. J. (2020). Telehealth for global emergencies: Implications for coronavirus disease 2019 (COVID-19). Journal of Telemedicine and Telecare, 26(5), 309–313.

Syabrina, R. A. N. (2018). Efektivitas dan efisiensi komunikasi pada penyelenggaraan festival damar kurung gresik tahun 2017. Universitas Airlangga.

Thurlow, C., Lengel, L., & Tomic, A. (2004). Computer mediated communication. Sage.

Wood, J. T. (2013). Komunikasi: Teori dan Praktik (Komunikasi dalam kehidupan kita). Jakarta: Salemba Humanika.

Downloads

Published

2023-04-03

Issue

Section

Articles