PENGARUH BRAND AMBASSADOR OH SEHUN TERHADAP BRAND IMAGE DAN PERILAKU PEMBELIAN PRODUK WHITELAB

Authors

  • Adhela Tasya Nuraini Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Dian Purworini Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.52423/jikuho.v9i4.263

Keywords:

Brand Ambassador, Brand Image, Perilaku Pembelian, Strategi Promosi, Teori Reasoned Action

Abstract

Persaingan dalam industri skincare yang sangat kompetitif membuat brand harus pandai melakukan inovasi untuk bisa mendapatkan kepercayaan konsumen. Brand ambassador yang dapat merepresentasikan brand dengan positif dapat memberikan berbagai keuntungan bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti sejauh mana pengaruh brand ambassador terhadap brand image dan perilaku pembelian produk Whitelab. Berdasarkan tujuan tersebut, peneliti menggunakan teori reasoned action (TRA) untuk memahami bagaimana dan mengapa individu mengambil keputusan dalam konteks pembelian. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif asosiatif. Sampel yang digunakan yaitu 100 responden dengan menggunakan teknik non probability sampling yaitu purposive sampling dengan kriteria responden yang dipilih dengan kriteria purposive. Dari hasil uji analisis data dengan menggunakan statistik regresi didapatkan hasil jika brand ambassador Oh Sehun mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap brand image dan perilaku pembelian produk Whitelab. Pelaku usaha yang menggunakan brand ambassador sebagai strategi promosi perlu fokus pada faktor popularitas dan daya tarik yang dimiliki oleh brand ambassador tersebut.

References

Aprianti, W., & Tjiptodjojo, K. I. (2023). Pengaruh Brand Ambassador, Brand Awareness dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Skincare Scarlett Whitening. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(2), 1275–1282. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1645

Aurellia, T. (2022). Studi Kuantitatif Pengaruh Brand Image, Brand Trust dan Promosi Terhadap Minat Beli Konsumen Cottonink di Jakarta Pusat Tahun 2019. Jurnal Kommas, 12–26.

Baumgartner, H., & Steenkamp, J. B. E. M. (1996). Exploratory consumer buying behavior: Conceptualization and measurement. International Journal of Research in Marketing, 13(2), 121–137. https://doi.org/10.1016/0167-8116(95)00037-2

Cicilia, M., & Putri, M. R. D. (2022). Whitelab, jenama lokal raih beragam penghargaan sepanjang 2021. Antaranews.Com. https://www.antaranews.com/berita/2652969/whitelab-jenama-lokal-raih-beragam-penghargaan-sepanjang-2021

Fajar, A., Pane, Ilham Akbar Nurdiansyah, C., Rafiq, A., & Mutiah, T. (2023). Komodifikasi Fandom Blackpink di Indonesia. 2, 425–432.

Gita, D., & Setyorini, R. (2016). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Perusahaan Online Zalora.Co.Id. 35(6), 62–66.

Goutam, D. (2013). Influence of Brand Ambassadors on Buying Behavior of Soft Drinks: With Reference To Belgaum City. International Journal of Research in Business Management, 1(4), 2321–2886.

Icek, A., & Martin, F. (2005). The Influence of Attitudes on Behavior. The handbook of attitudes.

Indah Apriliani, Lania Muharsih, & Nita Rohayati. (2021). Fanatisme Dan Perilaku Konsumtif Pada Komunitas Penggemar K-Pop Di Karawang. Empowerment Jurnal Mahasiswa Psikologi Universitas Buana Perjuangan Karawang, 1(1), 75–84. https://doi.org/10.36805/empowerment.v1i1.99

Lingga, N. E., Primadani, B., & Putri, S. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Jerome Polin Terhadap The Influence of Jerome Polin as a Brand Ambassador on Zenius Education Brand Image. Ilmu Komunikasi, V(I), 68–75.

Liya, I., Karmila, K., Budiono, H., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh hallyu wave, brand ambassador, brand image dan wom terhadap keputusan pembelian pada mie sedap selection korean spicy chicken. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 2(1), 11–26. https://doi.org/10.24042/revenue.v2i1.7700

Lovelita, D. G. (2022). Sehun Diangkat Menjadi ‘Scientist Ganteng’-nya Whitelab, Ternyata Karena Alasan Ini! Kapanlagi.Com. https://www.kapanlagi.com/korea/sehun-diangkat-menjadi-8216scientist-ganteng8217-nya-whitelab-ternyata-karena-alasan-ini-d3ddbf.html

Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., Erlangga, H., & Info, A. (2022). The Effect of Brand Ambassador and Tagline on Brand Awareness on Sr12 Skin Care Products (Study on the Community of Purwakarta Village, Purwakarta District, Cilegon City). International Journal of Education, Information Technology and Others (IJEIT), 5(2), 55–66. https://doi.org/10.5281/zenodo.6400043

Novitaningtyas, I., Rahardjo, B., & Achsa, A. (2021). Anteseden Loyalitas Tamu Pada Homestay Di Kawasan Balai Ekonomi Desa (Balkondes) Borobudur. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(1), 1–15.

Nurazhari, L., & Putri, Y. R. (2022). Pengaruh Brand Ambassador Blackpink Terhadap Brand Image Tokopedia Periode 2021. Medium, 10(1), 166–174. https://doi.org/10.25299/medium.2022.vol10(1).9244

Nurunnisha, G. A., Roespinoedji, R., & Roespinoedji, D. (2021). Female Students Perceptions on The Effect of Country of Origin, Brand Ambassador on Purchase Intentions: A Study on The Geographical Origin of Tokopedia E-Commerce Company, Indonesia. Review of International Geographical Education Online, 11(1), 573–582. https://doi.org/10.33403/rigeo.800593

Rossiter, J. R., Percy, L., & Bergkvist, L. (2018). Marketing communications: Objectives, strategy, tactics. Sage Publications.

Siswanto, T., Hanita, K., & Arsana, I. N. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pembelian Impulsif. Waisya : Jurnal Ekonomi Hindu, 1(2), 72–85. https://doi.org/10.53977/jw.v1i2.705

Stefanie, C. (2022). Pengunjung Membludak, Jumpa Fans Sehun EXO Cuma 10 Menit. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20221106204124-234-870224/pengunjung-membludak-jumpa-fans-sehun-exo-cuma-10-menit

Syafira Nurwanti, I., & Aulia, P. (2022). Pengaruh Brand Ambassador BTS Terhadap Brand Image Samsung Di Kota Bandung The Influence Of BTS As Brand Ambassador Toward Brand Image Samsung In Bandung City. E-Proceeding of Management, 9(4), 2090–2099. www.pikiran-rakyat.com

Vannia, D., Sadat, A. M., & Sari, D. A. P. (2022). Pengaruh Green Marketing, Environmental Concern, Attitude Toward Behavior Terhadap Purchase Intention Skincare Lokal di DKI Jakarta. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(3), 852–863.

Wang, F., & Hariandja, E. S. (2016). The Influence Of Brand Ambassador On Brand Image And Consumer Purchasing Decision : A Case Of Tous Les Jours In The Influence Of Brand Ambassador On Brand Image And Consumer Purchasing Decision : local or international brands in the market market in Indon. International Conference Od Enterpreneurship, March, 292–306.

Downloads

Published

2024-10-02